Garut Tuan Rumah Peringatan Hari Aksara Nasional ke-54

Daerah

Kamis, 7 November 2019 | 20:43 WIB

191107204418-garut.jpg


TAHUN 2019 ini, Kabupaten Garut dipercaya menjadi tuan rumah peringatan Hari Aksara Nasional (HAI) ke-54 tingkat Provinsi Jawa Barat. Rencananya, kegiatan tersebut akan diselenggarakan selama tiga hari, mulai Selasa-Kamis (12-14 November 2019 bertempat di lapang Otista (Alun-Alun Garut) Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota. 

Kepala Dinas Pedidikan (Kadisdik) Kabupaten Garut, Totong, S.Pd, M.Pd, melalui Kabid PAUD Disdik Garut, Solih, menyebutkan, kegiatan HAI ini bertujuan untuk memberantas buta aksara. 

Menurut Solih, dalam kegiatan tersebut, setiap peserta dari 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat akan membuka stan dan menyampaian capaian kinerja khususnya untuk pemberantasan buta huruf, yang selama ini manjadi program pemerintah dalam mencerdaskan anak bangsa.

"Alhamdulillah untuk Kabupaten Garut, hampir sekitar 99 persen masyarakatnya sudah bisa mengenali huruf," ujarnya, Kamis (7/11/2019).

Solih menuturkan, selain itu, kegiatan HAI juga bertujuan untuk mengevaluasi mengenai program-program secara keseluruhan melalui stan pamerannya. Para peserta akan memaparkan capaian kinerjanya, baik menyangkut kinerja pemberantasan buta aksara, maupun peningkatan rata-rata lama sekolah.

"Terutama terutama di bidang pendidikan usia dini (PAUD) dan pendidikan masyarakat (Dikmas)," ucapnya.

Diungkapkan Solih, berdasarkan data di Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Garut,  hampir 90 persen sudah terbebas dari buta aksara, terkecuali ada beberapa Kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang masih ada warganya belum bisa baca tulis.

Solih menambahkan, konsep peringatan HAI 2019 ini bukan sekadar seremonial saja, akan tetapi panitia lokal dan provinsi juga sudah mempersiapkan berbagai kegiatan yang dinilai bisa membangkitkan semangat pejuang pendidikan dalam memberantas buta huruf.

"Khusunya yang ada di Kabupaten Garut dan umumnya di wilayah Jawa Barat," katanya.

Editor: Efrie Christianto

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA