Odong-Odong Terjaring Operasi Zebra Lodaya 2019 di Garut

Daerah

Rabu, 6 November 2019 | 20:27 WIB

191106202952-odong.jpg


SELAMA dua pekan digelarnya Operasi Zebra Lodaya 2019, Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Garut berhasil menjaring ribuan pelanggar dan mengamankan ratusan kendaraan, baik roda dua maupun roda empat ke Mapolres Garut. 

Kapolres Garut, AKBP Dede Yudi Ferdiansah, mengatakan Operasi Zebra tahun ini mengalami peningkatan pelanggaran antara lima sampai tujuh persen dibanding tahun sebelumnya. Selain diberikan teguran, para pelanggar juga diberikan tindakan penilangan. 

"Selama berlangsungnya Operasi Zebra 2019, Polres Garut telah melakukan tindakan  sebanyak 6.554 tilang atau terjadi peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 6.208 tilang," ujarnya saat menggelar ekspose di Lapangan Mapolres Garut, Jalan Sudirman, Kabupaten Garut, Rabu (6/11/2019). 

Menurut Dede, pelanggaran terbanyak masih didominasi kendaraan roda dua atau pengendara sepeda motor, yaitu tidak menggunakan pelindung kepala atau helm mencapai 1.663 perkara, dan melawan arus sebanyak 704 perkara. 

Selain kendaraan pribadi, terang Dede, pihaknya juga mengamankan dua kendaraan roda empat yang dimodifikasi menjadi odong-odong. Kedua kendaraan tersebut diamankan karena telah merubah spesifikasi kendaraan tanpa melalui karoseri yang berizin, termasuk warna kendaraannya tidak sesuai dengan yang tertulis di STNK.

"Odong-odong ini tidak laik pakai. Pertama karena mengubah bentuk dari yang seharusnya, dan ada juga yang surat kendaraannya sudah tak berlaku. Kendaraan odong-odong ini juga seringkali membawa penumpang anak-anak ke jalan raya, sehingga membahayakan penumpang maupun pengguna jalan lainnya," ucapnya.

Dede menyebutkan, dua kendaraan modifikasi itu bisa dibawa kembali oleh pemiliknya dengan syarat menunjukkan surat-surat kendaraan dan bentuk serta warnanya kembali seperti semula.

"Kalau mau diambil silakan saja ambil dengan syarat harus ada surat-surat dan mengubah kembali," katanya.

Dede menambahkan, meskipun jumlah pelanggaran mengalami peningkatan, namun dalam Operasi Zebra kali ini kendaraan yang terjaring relatif tidak terlalu banyak. Hal itu karena adanya pergeseran pasukan yang mengamankan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Garut pada 5 November 2019.

"Ada pergeseran pasukan saat pelaksaanan Pemilihan Kepala Desa kemarin. Jadi saat ini (oprasi patuh lodaya) realtif tidak terlalu banyak," ucapnya.

 

Editor: Efrie Christianto

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA