Waspada, Enam Kecamatan di Purwakarta Ini Rawan Longsor

Daerah

Rabu, 6 November 2019 | 13:18 WIB

191106131050-waspa.jpg

dok

ilustrasi


SEBANYAK enam kecamatan di wilayah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, masuk katagori rawan bencana longsor atau terjadi pergerakan tanah saat musim hujan.

"Ada enam kecamatan rawan longsor yang saat musim hujan kita waspada," ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Pemkab Purwakarta, Wahyu Wibisono, di Purwakarta, Rabu (6/11/2019).

Keenam kecamatan yang rawan bencana longsor itu adalah Sukatani, Bojong, Kiarapedes, Pondoksalam, Wanayasa dan Kecamatan Maniis.

"Potensi longsor atau gerakan tanah tertinggi di Kecamatan Sukatani, " katanya.

Wahyu menyatakan, pihaknya telah mengambil langkah untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi bencana dengan menyiagakan personel dan peralatan. Selain itu, juga telah disiagakan posko pengendalian di sejumlah titik.

Keenam kecamatan di Purwakarta tersebut dipetakan sebagai daerah rawan longsor atau terjadi pergerakan tanah, karena berada di daerah perbukitan dan kondisi tanah yang labil.

Sementara itu hujan telah mengguyur sejumlah daerah di Purwakarta selama beberapa hari terakhir.

Akibat hujan yang deras, genangan air terjadi di sekitar perkotaan, seperti di wilayah Kecamatan Purwakarta. Genangan itu terjadi akibat banyak saluran pembuang tersumbat sampah.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA