Ngobrol Bareng Peternak, Mengungkap Perjalanan Daging Sapi yang Selama Ini Dikonsumsi

Citizen Journalism

Senin, 13 Januari 2020 | 18:31 WIB

200113182851-ngobr.JPG

ist

DALAM rangka membentuk komunitas jaringan bisnis di bidang peternakan, Yayasan CBC Indonesia bekerjasama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa Cattle Buffalo Club, Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia (PPSKI), dan duniasapi.com menyelenggarakan acara Ngobar: Ngopi Bareng Peternak. Kegiatan dengan tema "From Farm to the Plate" ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 14 Desember 2019, di Auditorium Bale Sawala Universitas Padjadjaran.

Ketua RnD dari Yayasan CBC Indonesia, Robi Agustiar mengatakan, tujuan diadakannya acara tersebut adalah untuk membentuk komunitas baru yang konsen terhadap inovasi dan teknologi bidang peternakan. Tak cuma di hilir, tapi juga dari hulu sehingga bisa memberikan motivasi kepada peserta untuk ikut berkecimpung di bidang peternakan.

"Kegiatan ini merupakan awal perkenalan Yayasan CBC Indonesia kepada peternak, komunitas, stakeholder dan khalayak umum. Kegiatan ini tidak akan dilaksanakan sekali akan tetapi akan ada kegiatan Volume 2 dan seterusnya," paparnya.

Kegiatan utama Ngobar adalah talkshow dengan konsep brain storming dan sharing session dengan narasumber Yudi Guntara Noor. Ia adalah owner PT Citra Agro Buana Semesta, PT Agro Investama, PT Berkah Citra Agro serta pemilik restoran steak "Its Nice to Meet You". Turut hadir pula narasumber Farmers Hedi Rusdian serta Gianjar Sari Banon selaku konten creator dari Channel Youtube "BBQ Mountain Boys".

Ada juga kegiatan "Farmily Tour" dimana peserta membawa keluarganya keliling kandang ternak untuk mendapat edukasi dan hiburan. Sementara pada talkshow segmen pertama dengan narasumber Yudi Guntara Noor, peserta diajak untuk melihat video mengenai kegiatan atau bisnis yang sedang dijalankan, yaitu sebuah isu mengenai produk peternakan yang berdaya saing.

Pada sesi ini, Yudi menerangkan tentang produk peternakan (daging) yang tidak serta merta langsung disajikan. Namun dibalik itu harus melalui proses yang panjang, kualitas dan sistem manajemennya harus memenuhi standar yang ada.

Salah satu contoh yang dilakukan Yudi adalah membuat rumah potong hewan domba/kambing yang memiliki sertifikasi dan menjadi satu-satunya di Bandung raya. Sehingga produk yang dihasilkan di rumah potong tersebut memiliki nilai lebih.

Sesi talkshow segmen kedua menghadirkan narasumber Yudi Guntara dan Hedi Rusdian serta Gianjar Sari Banon sebagai bagian dari peternak muda. Sedangkan sesi talkshow ketiga membahas mengenai awal mula dibentuknya Channel Youtube "BBQ Mountain Boys" oleh Gianjar Sari Banon.

Kedua narasumber memberikan pesan ajakan kepada kaum milenial untuk bisa berpartisipasi dalam bidang peternakan/pertanian. Harapan mereka beberapa tahun kedepan akan muncul peternak-peternak muda yang inovatif dan mampu membangun bidang peternakan/pertanian.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa komunitas yaitu Himpunan Peternak Domba dan Kambing DPD JABAR dan DPC Sumedang, Komunitas Sapi Indonesia, Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia, dan Ikatan Sarjana Peternakan DPC JABAR I. Hadir pula beberapa akademisi Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran.

Acara didukung penuh oleh BRI Agro, Kalbe Farma, PT. Napindo Media Ashatama, PT. Mediondan Dagingqu sebagai sponsor dan galamedianews.com sebagai media partner.


Pengirim
Humas Ngobar 2019
Aliva Rachma

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA