Pramuka Jabar Peduli, Siapkan 1.000 Nasi Boks Setiap Hari

Bandung Raya

Kamis, 21 Mei 2020 | 12:18 WIB

200521121918-pramu.jpg

Ziyan Muhammad Nasyith

Ketua Kwarda Pramuka Jabar, Dede Yusuf (kedua kanan) saat meninjau langsung dapur umum di markas Pramuka Jabar, Kamis (21/5/2020).

DALAM rangka membantu masyarakat terdampak pandemi virus corona, Kwarda Pramuka Jawa Barat membuka dapur umum dan membagikan seribu nasi boks serta takjil setiap harinya selama bulan Ramadan hingga hari raya Idulfitri nanti.

Ketua Kwarda Pramuka Jawa Barat, Dede Yusuf mengatakan, 1.000 porsi nasi boks serta takjil tersebut dibagikan secara gratis oleh Pramuka kepada masyarakat yang membutuhkan. Sebelumnya, pembagian hand sanitizer serta penyemprotan disinfektan pun telah dilakukan.

"Intinya ini bentuk kepedulian dari Pramuka Jabar. Apa yang kita bisa, kita bantu untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19," kata Dede Yusuf, Kamis (21/5/2020).

Dapur umum beraktivitas setiap pagi hingga sore hari, mulai dari proses memasak sampai dengan pembungkusan melibatkan seluruh anggota pramuka dan relawan. Dapur umum ini setiap hari menyediakan sebanyak 1.000 porsi nasi dilengkapi sayur dan lauk yang dikemas dalam paket nasi kotak.

Sasaran pemberian makanan tersebut, kata Dede, antara lain petugas parkir, tukang becak, pengemudi ojek, hingga masyarakat yang membutuhkan.

"Kegiatan pramuka seperti pembagian sembako, pembagian disinfektan kita sudah, nah saat ini ekonomi sedang anjlok maka kami berfikir harus melakukan sesuatu bersifat dairek yang dibutuhkan sehari-hari," ujarnya.

Dede yang juga anggota DPR RI itu menyebut, anggaran untuk seribu boks makanan siap saji yang dibagikan setiap harinya mencapai Rp20 juta, dengan angaran Rp1,2 miliar untuk kegiatan relawan pramuka seperti dapur umum, pemberian sembako yang terdampak Covid-19 di seluruh Jawa Barat. "Tapi kita juga fokus untuk honorer, pembina dan pelatih," ucapnya.

Dengan adanya dapur umun ini, diharapkan dapat membantu meringankan kesulitan masyarakat yang terdampak Covid-19. "Alhamdulillah alokasi dana ini disetujui oleh Gubenur Jawa Barat, dan diharapkan bermanfaat di tengah pandemi ini," ujarnya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA