Jaga Ketahanan Pangan, PKS KBB Gulirkan Ayo Menanam

Bandung Raya

Kamis, 21 Mei 2020 | 10:30 WIB

200521103217-jaga-.jpg

Dicky Mawardi

PANDEMI Covid-19 telah memporak-porandakan  sendi-sendi ekonomi masyarakat. Banyak  yang kehilangan pekerjaan maupun usahanya gulung tikar.

Kondisi ini mengancam ketahanan pangan masyarakat.  Menghadapi situasi sulit yang belum jelas kapan berakhirnya, DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Bandung Barat, menggulirkan gerakan Ayo Menanam.

"Gerakan Ayo Menanam dengan memanfaatkan sejengkal lahan di pekarangan rumah untuk ditanami tanaman yang bermanfaat,"  kata Ketua DPD PKS Kabupaten Bandung Barat Rismanto di Ngamprah, Kamis (21/5/2020).

Ia melanjutkan, gerakan Ayo Menanam sudah dimulai di Gedung Sekretariat DPD PKS Kabupaten Bandung Barat. Berbagai jenis sayuran dan tanaman herbal ditanam.

Ia berharap, gerakan ini bisa diikuti kader-kader PKS yang tersebar di 165 desa. Bahkan bisa menginspirasi masyarakat secara lebih luas untuk menanam tanaman yang bermanfaat di lahan yang ada di rumah.

"Gerakan Ayo Menanam bisa menjadi solusi dalam ketahanan pangan. Sehingga bisa membentuk kemandirian pangan di lingkup keluarga. Dengan menerapkan gerakan ini tidak perlu lagi membeli sayuran,  bisa memanen sendiri," ujarnya.

Menurutnya, sulit memprediksi kapan pandemi Covid -19 ini berakhir. Pasalnya, tidak bisa dihitung secara matematis.

"Yang bisa kita lakukan sekarang dengan menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Begitu pun untuk mempertahankan ketahanan pangan keluarga, salah satunya melalui gerakan Ayo Menanam," tuturnya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA