Dampak "Serangan" Corona, 17 Hotel di Bandung Tutup Sementara

Bandung Raya

Rabu, 25 Maret 2020 | 20:03 WIB

200325200344-dampa.jpg

net

ilustrasi

KETUA Riung Priangan, Fery Ferdiansyah mengatakan, berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun sudah ada 17 hotel bintang dua hingga empat di wilayah Bandung yang telah dan berencana menutup sementara operasionalnya. Sebagian telah memulai penghentian sementara per hari ini, Rabu (25/3/2020) dan sebagian lainnya mulai pekan depan atau awal April mendatang.

"Sementara ada yang menginformasikan penutupan sementara ini dilakukan dalam jangka waktu sebulan. Ada yang sampai akhir April, ada pula yang sampai Mei sesuai masa tanggap darurat, namun juga ada yan hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Tergantung dari manajemen masing-masing," terangnya saat dihubungi, Rabu (25/3/2020).

Kepada wartawan "PR", Yulistyne Kasumaningrum, Fery menjelaskan langkah penghentian sementara tersebut diambil selain untuk mendukung upaya pemerintah dalam menekan penyebaran pandemi Covid-19, juga dikarenakan kondisi bisnis saat ini yang tertekan imbas wabah tersebut. Dikatakan saat ini pendapatan harian hotel tak lagi mampu menutup besaran pengeluaran pada waktu yang sama.

"Rata-rata yang terisi itu maksimal 10 kamar per hari. Okupansi dikisaran 3-8 persen, tidak sampai 10 persen. Betul-betul anjlok, forecast kami kedepan hanya hitungan jari," ungkapnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, manajemen hotel kemudian memutuskan untuk menutup dan merumahkan sementara para karyawannya. Diharapkan situasi kedepan akan membaik.

"Kemungkinan untuk jumlahnya bertambah (hotel yang berhenti sementara) masih terbuka karena saat ini ada beberapa yang tengah berkonsultasi mengenai langkah tersebut," tambahnya.

Selain menghentikan operasional sementara, Fery mengatakan, para pengusaha hotel juga terus berupaya memperpanjang napas dengan melakukan negosiasi dengan pihak swasta dan ketiga yang bekerjasama. Misalnya meminta potongan komisi ke online travel agen dan juga pihaknya penyedia sarana pendukung lainnya.

"Segala upaya dilakukan untuk bisa terus bertahan ditengah pandemi ini," ujarnya.

Sebelumnya, awal pekan ini 12 hotel di Bogor mulai menghentikan operasionalnya sementara waktu. Keputusan tersebut diambil menyusul anjloknya okupansi hotel sebagai imbas pandemi Covid-19 serta mendukung upaya pemerintah dalam menekan laju penyebaran Covid-19 di Tanah Air.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA