Benteng SDN Parakan Bolang Ambrol, Ancam 3 Rumah di Bawahnya

Bandung Raya

Rabu, 29 Januari 2020 | 15:40 WIB

200129154050-bente.jpg

Ziyan Muhammad Nasyith

BENTENG bagian belakang Sekolah Dasar Negeri (SDN) Parakan Bolang di Kp. Parakan Bolang, Desa/Kec. Arjasari, Kab. Bandung, ambrol diduga karena tanah labil dan terus-menerus diguyur hujan, Senin (27/1/2020) lalu.

Warga RT 3/RW 11 Kampung Parakan Bolang pun meminta Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung segera memperbaiki benteng tersebut. Pasalnya, jika dibiarkan longsor susulan bisa merobohkan bangunan sekolah dan juga menimbun tiga rumah warga yang ada di bawahnya.

"Tembok yang ambrol sepanjang 14 meter dengan ketinggian 6,5 meter itu. Jika tidak segera diperbaiki, maka bangunan sekolah itu terancam ambruk. Ini harus segera dibenteng ulang, apalagi kalau terus ditimpa hujan bisa mempercepat longsor," kata Kepala Desa Arjasari, Rosiman saat dihubungi melalui telepon selulernya, Rabu (29/1/2020).

Menurut Rosiman, meskipun bagian belakangnya ambrol, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah tersebut tetap berjalan seperti biasa. Padahal, kondisinya sangat membahayakan keselamatan siswa didik dan penghuni lainnya di sekolah tersebut.

"Tadi juga dari Dinas PUTR dan Disperkimtan sudah datang kesini. Kata mereka sekarang terserah ke pihak Disdik, apakah akan diperbaiki oleh Dinas PUTR atau sama Disdik. Kalau dari Disdik sudah ada yang datang diwakili oleh koordinator wilayahnya," terangnya.

Menurut Rosiman, keberadaan sekolah itu sangat penting untuk warga sekitar. Serta ambrolnya benteng bagian belakang sekolah itu mengancam tiga rumah warga, pihaknya mendesak pihak Disdik untuk segera turun tangan memperbaikinya.

"Untuk sementara tanah yang ambrol itu dikasih bambu rucuk. Tapi itu tidak akan tahan lama, jadi harus segera dibangun kembali. Dan kami mendesak Disdik untuk segera turun tangan, kalau misalnya tidak mampu, biar kami saja yang bangun pakai anggaran desa," ujarnya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA