Pemkot Bandung Akan Bangun Kolam Retensi di Jalan Bima

Bandung Raya

Senin, 27 Januari 2020 | 15:26 WIB

200127152719-pemko.jpg

Rio Ryzki Batee

UNTUK mengantisipasi banjir, Pemkot Bandung akan kembali menambah kolam retensi. Infrastruktur untuk meminimlisir banjir tersebut, akan dibangun di Kawasan Jalan Bima, Kecamatan Cicendo.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, pembangunan kolam retensi tersebut, juga untuk menahan aliran Sungai Citepus, setelah sebelumnya telah dibangun Kolam Retensi Sirnaraga.

"Kita terus berupaya mengurangi dampak dari luapan sungai Citepus. Kamis (30/1/2020) ini kita mulai pembangunannya. Mudah-mudahan dalam jangka waktu 2 bulan sudah rampung," ungkapnya usai peninjaun lokasi kolam retensi di Kawasan Jalan Bima, Kota Bandung, Senin (27/1/2020).

Menurutnya, kolam retensi baru tersebut memiliki luas sekitar 2.500 meter persegi dengan kedalaman 3 meter.

"Dengan luas tersebut, semoga dapat menjadi parkir air yang baik," ujarnya.

Dikatakannya, Kota Bandung telah memiliki kolam retensi Sirnaraga yang berlokasi di RW 06 Kelurahan Pajajaran, Kecamatan Cicendo. Fungsinya sama, yakni menahan luapan Sungai Citepus.

Kolam retensi Sirnaraga dibangun di atas lahan 1.792 m2 itu, mampu menampung air hingga 3.335,26 m3. Air yang melewati Sungai Citepus ditampung sementara sehingga tidak langsung mengalir ke hilir, sehingga mengurangi dampak banjir di Sirnaraga dan sekitarnya.

Lebih jauh, Yana berharap aset-aset milik Pemkot Bandung dapat dioptimalkan menjadi kolam retensi.

Ia menegaskan pembuatan kolam retensi ini bukan hanya upaya Pemkot Bandung dalam mengatasi masalah genangan air, namun sekaligus memaksimalkan fungsi lahan aset milik Pemkot selain menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH).

"Ini merupakan optimalisasi aset, jadi RTH-nya tidak berkurang. Fungsinya bertambah, selain kolam retensi sebagai parkir air, kita juga tetap menjadi RTH," tambahnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA