Danau Buatan Diharapkan Dapat Meminimalisir Genangan Banjir

Bandung Raya

Sabtu, 25 Januari 2020 | 21:39 WIB

200125211416-danau.jpg

UNTUK meminimalisir ancaman banjir rutin yang menerjang daerah aliran Sungai (DAS) Citarum di Kabupaten Bandung, Anggota DPRD Provinsi Jabar H.M. Dadang Supriatna mengharapkan kepada sejumlah pihak untuk membuat danau buatan.

Saat ini, sejumlah kecamatan di Kabupaten Bandung dilanda banjir, di antaranya Kecamatan Bojongsoang, Baleendah, Dayeuhkolot, Rancaekek, Majalaya dan kecamatan lainnya. Ribuan rumah warga terdampak banjir, dan sebagian warga mengungsi untuk menghindari genangan banjir.

"Danau buatan itu bisa dibangun di masing-masing kecamatan di Kabupaten Bandung. Dengan adanya danau buatan itu diharapkan dapat mengurangi ancaman banjir rutin," harap Dadang kepada galamedianews.com di Desa Tegalluar, Kecanatan Bojongsoang, Sabtu (25/1/2020) malam.

Harapan untuk pembangunan danau buatan itu, kata Dadang, sudah lama disampaikan ketika dirinya menjadi Kepala Desa Tegalluar hingga menjadi Anggota DPRD Kabupaten Bandung.

"Tapi belum saja terealisasi. Saran konkrit saya supaya segera membuatkan danau buatan di masing-masing kecamatan," katanya.

Dadang mengatakan, pembangunan danau buatan bisa menjadi skala prioritas di masing-masing wilayah.

"Mengingat pembangunan Terowongan Nanjung di Curug Jompong Sungai Citarum Margaasih belum bisa menyelesaikan masalah banjir," katanya.

Ia pun merasakan langsung sebagai warga yang terdampak banjir. Pasalnya, Dadang sendiri rumahnya terendam banjir dari luapan Sungai Cikeruh, anak Sungai Citarum.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA