Harga Cabe di Cimahi Tembus Rp 100 Ribu/Kg

Bandung Raya

Jumat, 24 Januari 2020 | 19:40 WIB

200124193430-harga.jpg

dok

ilustrasi

HARGA cabe di pasar tradisional di Kota Cimahi makin tinggi hingga menyentuh harga Rp 100 ribu per kilogram. Minimnya stok memicu harga makin naik.

Seperti yang terpantau di Pasar tradisional Pasar Cimindi Jalan Mahar Martanegara Kota Cimahi. Sejak beberapa waktu lalu, Cabe rawit merah yang asalnya dijual dengan harga Rp 80 ribu/Kg, naik menjadi Rp 100 ribu/kg. Cabe merah tanjung naik dari asalnya Rp 50 ribu/kg menjadi Rp 70 ribu/kg.
Untuk harga cabe keriting merah naik dari Rp 40 ribu/Kg menjadi Rp 50 ribu/kg. Begitu pula dengan cabai keriting hijau yang naik, dari asalnya Rp 20 ribu/kg menjadi Rp 30 ribu.

"Cabai rawit merah kenaikannya sudah tiga hari ini. Kalau untuk cabai lainnya sekitar semingguan naiknya," ujar pedagang sayuran, Yusuf (50), Jumat (24/1/2020).

Menurutnya, pasokan cabe ke pasar tradisional terbatas karena sejumlah daerah penghasil cabai seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur banyak yang mengalami gagal panen.

"Mungkin karena cuacanya yang tidak menentu jadi panen kurang bagus. Imbasnya kiriman jadi sedikit dan harga mahal," katanya seperti ditulis wartawan "PR", Ririn Nf.

Penyebab lainnya yaitu distribusi barang mengalami keterlambatan. Pemasok harus menunggu cabe terkumpul sesuai standar minimal sebelum dikirim ke pasar.

Lilis (53), pedagang sayuran di Pasar Atas Baru (PAB) mengaku, naiknya harga cabe dikeluhkan sejumlah konsumen. Banyak konsumen yang batal beli karena harganya terlalu mahal.

"Omset pastinya turun drastis. Kita juga enggam bisa jual dengan harga seperti sekarang ini, soalnya pembelinya keberatan. Agar barang laku, kita paling turunkan harganya sedikit dan jual eceran," imbuhnya.

Sementara itu, harga sayuran lainnya relatif masih stabil. Diantaranya, wortel Rp 10 ribu/kg, tomat Rp 8 ribu/kg, kentang Rp 15 rebu/kg, buncis Rp 10 ribu/kg. Harga bawang merah dan bawang putih juga relatif stabil, bawang merah Rp 28 ribu/kg, dan bawang putih Rp 32 ribu/kg.

Kepala Seksi Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Dinas Perdagangan Koperasi UMKM Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi, Eka Handayani membenarkan jika harga beberapa jenis cabai mengalami kenaikan. Kenaikan harga produk pertanian fluktuatif tergantung dari musim dan masa tanam.

"Jadi kalau sekarang harga cabe bawang mengalami kenaikan yag cukup tinggi karena memang saat musim hujan tingkat serangan hama penyakit dan kelembaban yang tinggi, membuat hasil panen menurun dan banyak produk yang busuk," katanya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA