Ratusan Polisi di Bandung Siap Amankan Vihara dan Klenteng Saat Perayaan Imlek

Bandung Raya

Jumat, 24 Januari 2020 | 19:31 WIB

200124193147-ratus.jpg

dok

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol. Irman Sugema

SEBANYAK 556 personel Polrestabes Bandung bersama Polda Jabar serta TNI diturunkan untuk melakukan pengamanan saat perayaan Imlek, Sabtu (25/1/2020). Selain aparat Kepolisian dan TNI, pengamanan juga melibatkan petugas internal.

"Untuk pengamanan nanti dibantu dari pengamanan pihak Vihara dan Klenteng," terang Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol. Irman Sugema, di Mapolrestabes Bandung, Jln. Jawa, Jumat (24/1/2020).

Dipaparkan Irman, di wilayah hukum Kota Bandung ada sebanyak 26 Vihara dan 1Klenteng yang akan melaksanakan perayaan Imlek. Dari hasil pendataan juga, lanjut Irman, ada dua pusat perbelanjaan dan satu hotel yang turut merayakan Imlek.

"Untuk malam ini, beberapa Vihara akan melaksanakan peribadahan Imlek yang dimulai dari pukul 19.00 WIB ini sampai pukul 01.00 WIB dini hari nanti," katanya.

Irman memastikan personelnya telah melakukan sterilisasi terhadap lokasi-lokasi yang melaksanakan kegiatan Imlek. Selain itu untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, Polrestabes Bandung pun tetap melaksanakan patroli KKYD (Kegiatan Kepolisian yang Ditingkatkan).

"Kami juga sudah instruksikan di setiap Polsek untuk melakukan patroli guna menjaga keamanan selama libur panjang ini," pungkas Irman.

Sementara itu, terkait dengan antisipasi kemacetan saat libur Imlek, Satlantas Polrestabes Bandung pun sudah menyiapkan pengamanan di titik-titik yang akan mengarah ke kawasan wisata.

Ditemui di waktu yang sama, Kasat Lantas Polrestabes Bandung, Kompol Bayu Catur Prabowo menuturkan, sesuai dari arahan Dirlantas Polda Jabar, pada pelaksanaan libur Imlek ini Polrestabes Bandung akan melakukan pengamanan bersama dengan Polres Cimahi dan polres perbatasan lainnya.

"Seperti kawasan wisata yang ke Lembang. Nanti kami akan kordinasi dengan Polres Cimahi," kata Bayu.

Bayu menuturkan, untuk mengurai kemacetan kendaraan ke arah Lembang, pihaknya telah menyiapkan beberapa cara bertindak. Di antaranya menyiapkan rekayasa arus lalu lintas.

"Kami siapkan rekayasa lalu lintas. Misalnya jika terjadi kepadatan di kawasan Setiabudi, arus kendaraan dari arah Pasteur akan dibelokkan ke Jalan Sersan Bajuri. Kemudian jika dari terminal Ledeng kepadatan sampai ke arah Cokro, Pasteur, arus kendaraan akan arahkan ke Jalan Surya Sumantri yang nantinya diarahkan hingga ke titik temu di Kampus Advent," ucapnya.

Bayu menjelaskan, untuk masyarakat yang ingin ke kawasan Lembang, dapat juga menggunakan jalur alternatif. Di antaranya melalui Padalarang atau keluar tol Cimahi.

Bayu memastikan tidak akan ada penutupan arus lalu lintas dari Sukajadi untuk ke arah Lembang. Namun untuk sore hari, jika terdapat kepadatan akan di berlakukan buka-tutup.

"Buka-tutup dilaksanakan di titik Polsek Cidadap sampai dengan kampus UPI. Tapi itu enggak lama hanya 10 sampai 20 menit. Kami pernah coba itu waktu libur panjang kemarin. Alhamdulillah bisa memecah kemacetan," ucapnya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA