Smart Farming, Cara Pemkab Bandung Barat Ajak Milenial Mencintai Pertanian

Bandung Raya

Kamis, 23 Januari 2020 | 21:12 WIB

200123210309-smart.jpg

Dicky Mawardi

SEBANYAK 44 desa di Kabupaten Bandung Barat dicanangkan untuk melaksanakan program Smart Farming. Sasaran dari program yang digulirkan Balai Latihan Kerja (BLK) Lembang ini adalah generasi milenial.

"Kami memiliki tekad untuk mengembalikan kecintaan generasi milenial pada pertanian. Untuk itulah kami terus menciptakan dan mengembangkan teknologi pertanian. Smart farming ini menjadi salah satu contoh penerapan IT (ilmu dan teknologi) dan IoT (Internet of Things) di bidang pertanian. Cukup dengan menggunakan handphone android semuanya bisa dilakukan," kata Kepala BLK Lembang Tuti Haryanti pada acara 'Sosialisasi dan Pencanangan Smart Farming di 44 Desa Wilayah Kabupaten Bandung Barat', di Desa Pasirpogor, Kecamatan Sindangkerta, Kamis (23/1/2020).

Acara ini dihadiri antara lain Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bandung Barat Aa Umbara Sutisna, pejabat terkait lainnya, serta 44 kepala desa.

Menurutnya, BLK Lembang sebagai pusat pelatihan pertanian terus mengembangkan inovasi-inovasi untuk mendukung pertanian modern, salah satunya melalui program smart farming. Dengan smart farming ini proses pemeliharaan tanaman menjadi lebih efektif dan efisien, serta hemat sumber daya manusia (SDM) juga.

"Melalui smart farming, bisa lebih meningkatkan produktivitas. Harapannya generani milenial menjadi tertarik lagi di pertanian," ucapnya.

Diungkapkannya, smart Farming sudah diujicobakan kepada dua kelompok tani di Desa Pasirpogor. Salah satunya kelompok Sinar Hati yang sudah berhasil bertani dengan teknologi smart farming.

"Sekarang produksinya sudah menembus pasar lokal wilayah Jawa Barat. Ada lagi yang menerapkan smart farming secara mandiri tidak berkelompok yaitu Pak Iyan. Beliau pun sudah merasakan hasilnya," kata Tuti.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA