Antusias Warga Tinggi, Layanan Bus Damri ke Bandara Kertajati Diperpanjang Hingga Juli 2020

Bandung Raya

Rabu, 22 Januari 2020 | 16:39 WIB

200122164324-antus.jpg

prfm

LAYANAN angkutan bus Damri dari pool Kebon Kawung, Kota Bandung menuju Bandara Kertajati, Majalengka diperpanjang hingga Juli 2020. Hal itu melihat antusiasme warga yang menggunakan angkutan transportasi bus tersebut yang cukup tinggi.

Kepala Seksi Manajemen Angkutan pada Dishub Kota Bandung, Iya Sunarya mengatakan pihaknya pun menyediakan 10 armada yang siap melayani warga secara gratis selama memiliki kartu keberangkatan (boarding pass). Keberangkatan sendiri dijadwalkan setiap 2 jam sekali sejak pukul 02.00 hingga 18.00 WIB.

"Layanan gratis Damri khususnya dari kota Bandung yang berangkat dari pool itu diperpanjang sampai bulan Juli 2020. Karena melihat antuasias warga, dipersentase lebih dari 50% dari beberapa keberangkatan. 10 armada yang kami siapkan," jelasnya yang dilansir dari prfmnews.com, Rabu (22/1/2020).

Keputusan itu berdasarkan hasil rapat evaluasi bus pemandu moda yang melayani trayek menuju Bandara Kertajati. Rapat tersebut dipimpin oleh Direktur Perhubungan Angkutan Darat Kementerian Perhubungan dan dihadiri juga oleh Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IX Jawa Barat.

Angkutan dari Kabupaten Bandung dan Keluarga Bisa antar Keberangkatan

Dalam rapat evaluasi itu, Iya mengatakan dibahas juga terkait dengan permintaan masyarkat terkait dengan keberangkatan menuju Bandara Kertajati dari Kabupaten Bandung. Ia menyebut, pimpinan pun akan melakukan evaluasi dan sekira 2 minggu ke depan akan ada keputusan.

Nantinya, lanjut Iya, keberangkatan dari Kabupaten Bandung akan berpusat di sekitar gerbang tol Soroja. Selain itu, boleh jadi Damri yang menjemput dari tol Soroja merupakan perpanjangan jalur dari layanan keberangkatan Cimahi.

"Permintaan masyarakat dari Kabupaten Bandung juga karena sampai saat ini angkutan pemandu moda dari Kabupaten Bandung (ke Bandara Kertajati-red) belum ada. Itu juga jadi bahan evaluasi dalam waktu dekat kurang lebih 2 minggu lagi ada keputusan ada keberangkatan dari Kabupaten Bandung tepatnya sekitar gate Soroja atau mungkin juga perpanjangan lane dari Cimahi," ungkapnya.

Selain itu, pembahasan rapat pun meliputi permintaan masyarakat lain seperti keinginan pengantar bisa menemani pengguna jasa Bandara Kertajati hingga dengan menggunakan layanan Damri gratis.

Saat ini, menurut Iya, pemerintah masih melakukan evaluasi terkait hal itu. Nantinya, para pengantar akan diberikan tarif khusus jika ingin mengantar keluarganya berangkat.

"Masyarakat meminta itu pengantar itu bisa ikut mengantar. Tetapi yang jelas akan dijabarkan tentang tarif jadi pengantar bayar, tidak gratis. Sekarang masih dirumuskan terkait dengan tarifnya," kata Iya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA