Jembatan Amblas, Jalur Alternatif Menuju Kantor Pemda KBB Terputus

Bandung Raya

Selasa, 21 Januari 2020 | 18:56 WIB

200121185641-jemba.jpg

Ziyan Muhammad Nasyith

JALUR alternatif dari arah Kota Cimahi menuju Kantor Pemkab Bandung Barat tepatnya di Kp. Sukamanah, Desa Cilame, Kec. Ngamprah, Kab. Bandung Barat, terputus total. Jalan tak bisa dilalui oleh kendaraan akibat amblasnya jembatan, Selasa (21/1/2020) sore.

Jembatan selebar tiga meter dan panjang 5 meter itu berada di atas Sungai Cilengkrang. Setiap hari, jalur tersebut ramai dilintasi kendaraan baik dari arah Cimahi menuju Kantor Pemkab Bandung Barat maupun sebaliknya.

Kepala Desa Cilame, Aas Mohammad Asor mengungkapkan, jembatan itu diduga amblas akibat struktur yang sudah rapuh karena tak lagi kuat menahan beban kendaraan yang melintas setiap harinya.

"Tanda-tanda retakan sudah terlihat sejak awal bulan, dan seiring dengan intensitas hujan tinggi, akhirnya jembatan itu amblas hari ini. Namun alhamdulillah, tidak ada korban," ujar Aas di Ngamprah sore tadi.

Menurut Aas, sejak terlihat retakan di jembatan tersebut, pihaknya sudah memasang rambu peringatan di lokasi agar kendaraan berat tidak melintas. Namun, diduga karena volume kendaraan yang melintas cukup tinggi, jembatan itu tidak bisa menopang beban, sehingga akhirnya amblas.

Dia menuturkan, jembatan tersebut awalnya dibangun dengan menggunakan anggaran desa. Namun, sejak 2013 lalu jalan yang dihubungkan jembatan tersebut naik status menjadi jalan Kabupaten. Sejak itu, pemeliharaan jalan diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten.

"Sejak jalan naik status jadi jalan Kabupaten, memang volume kendaraan naik, sehingga lalu lintas yang melewati jembatan di sana cukup padat. Untuk perbaikannya juga diserahkan ke Pemkab," terangnya.

Salah seorang pengguna jalan, Muhammad Kaparyadi (35) mengatakan, akses jalan tersebut sering dilaluinya ketika akan menuju ke Kantor Pemkab Bandung Barat dari arah Cimahi. Dengan terputusnya akses tersebut, ia harus melalui Jalan Raya Gadobangkong dengan jarak yang lebih jauh.

"Biasanya setiap ada keperluan ke kantor Pemda, saya lewat jalan itu. Sekarang jembatannya amblas, jadi harus berputar arah dan jaraknya juga lumayan jauh kalau dibandingkan dengan lewat jalan itu," ungkap Kaparyadi.

Dengan kondisi itu, ia berharap agar jembatan tersebut segera diperbaiki oleh pemerintah daerah. Soalnya, akses jalan tersebut cukup memangkas waktu terutama untuk pengguna jalan dari arah Cimahi dan Kota Bandung menuju Kantor Pemkab Bandung Barat di Ngamprah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bandung Barat, Anugrah belum memberikan tanggapan mengenai amblasnya jembatan tersebut. Saat akan dikonfirmasi, ia tidak menjawab panggilan telefon dan pesan WhatsApp.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA