Pembangunan Perumahan Pramestha Resort Town Akhirnya Dihentikan

Bandung Raya

Selasa, 21 Januari 2020 | 14:24 WIB

200121142614-pemba.jpg

Dicky Mawardi

PROYEK pembangunan perumahan Pramestha Resort Town akhirnya dihentikan sementara.  Kebijakan itu diambil bersamaan dengan peninjauan Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna dan sejumlah pejabat ke lokasi proyek di Desa Langensari, Kecamatan Lembang,  Kabupaten Bandung Barat,  Selasa (21/1/2020).

"Kunjungan saya ke Pramesta Resort Town sebagai tindaklanjut dari surat gubernur. Saya perlu tahu kondisi di lapangan seperti apa," kata Umbara

Ia mengatakan, proyek perumahan Pramestha Resort Town dihentikan sementara sesuai dengan surat gubernur. Namun yang dihentikan sementara hanya proyek fisik atau pembangunan rumahnya saja.

"Inikan sudah dilakukan pematangan lahan, takutnya kalau semua proyek di sini  dihentikan malah bisa menimbulkan erosi. Maka dari itu, saya tadi bilang ke pengembang supaya proses penanaman rumput  besar dan pohon  bambu tetap harus berjalan," katanya.

Penanaman rumput sampai kedalaman 1 meter dan pohon bambu dilakukan untuk memperkuat kontur tanah. Maka dari itulah pengerjaan yang bersifat memperbaiki lingkungan tidak boleh berhenti.

Menurutnya,  tindakan pengamanan yang dilakukan di lokasi melalui rekayasa  teknis dan vegetatif. Rekayasa teknis berupa perapihan dan pembuatan saluran air di sepanjang jalan agar air dapat terkontrol untuk meminimalisir terjadinya erosi. Pembuatan sedimen trap untuk menampung peningkatan volume run off dan mengendapkan sedimen tanah,  serta pelandaian lereng dan jalan yang.masih kelihatan miring.

Ia menambahkan untuk rekayasa vegetatif dilakukan  dengan memaksimalkan penanaman usar, memaksimalkan penanaman bambu dan penanaman tanaman keras.

"Terkait dengan kunjungan ke proyek Pramesta,  hari ini juga akan saya hubungi pak gubernur. Mudah-mudahan besok bisa bertemu dengan beliau," ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas  Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Ade Zakir mengatakan, proyek pembangunan Kompleks Perumahan Pramestha Resort Town sudah memiliki rekomendasi gubernur, Amdal sampai IMB. Pihaknya bersama tim dari Pemkab Bandung Barat tengah mengkaji bentuk pelanggaran yang dilakukan pengembang.

"Bentuk pelanggarannya kemungkinan ada yang berbeda dari apa yang dikerjakan di lapangan dengan dari perencanaan. Nanti hasil supervisi yang.kita lakukan akan disampaikan ke provinsi," tuturnya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA