Pemkab Bandung Barat Akhirnya Bangun Tanggul Penahan Banjir di Cimareme

Bandung Raya

Senin, 20 Januari 2020 | 13:10 WIB

200120131230-pemka.jpg

Dicky Mawardi

PEMERINTAH  Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat akhirnya memenuhi janjinya untuk membangun tanggul penahan banjir di Sungai Cihaur, Desa Margajaya, Kecamatan Ngamprah. Tanggul yang dibuat memiliki panjang sekitar 400 meter dengan tinggi 1 sampai 1,5 meter.

Pembangunan tanggul ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, Senin (20/1/2020). Tanggul dibuat ditiga lokasi  yang  berada di sekitar Kompleks Perumahan Cimareme Indah.

"Tanggul menjadi pengerjaan fisik terakhir pascabanjir bandang akhir tahun lalu. Sebelumnya kita mengerjakan perbaikan rumah-rumah warga yang jebol,  sekarang progresnya sudah mencapai 90 persen,"  kata bupati.

Menurutnya,  kunci penanganan banjir di Permata Cimareme adalah pembangunan tanggul. Sehingga ketika Sungai Cihaur kembali meluap tak sampai menerjang permukiman warga.

"Mudah-mudahan dalam sebulan ini pembangunan tanggul bisa beres. Sehingga warga dapat hidup tenang, tak perlu  lagi was-was ketika debit air Sungai Cihaur tinggi ," ujarnya.

Ia juga mengingatkan kepada warga agar ikut menjaga kebersihan sungai. Jangan sampai sungai menjadi tempat pembuangan sampah.

"Menjaga sungai dari sampah,  berarti juga menjaga lingkungan dari ancaman banjir. Itu artinya ketika alam kita jaga, maka alam pun akan menjaga kita," pintanya.

Di lokasi peletakan batu pertama pembangunan tanggul dihadiri Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bandung Barat Anugrah, Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang)  Maman Sulaiman,  Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Barat Duddy Prabowo,  anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat Nur Djulaeha,  dan sejumlah pejabat lainnya.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bandung Barat, Anugrah mengatakan, selain membangun tanggul akan dilakukan pengerukan dasar Sungai Cihaur.  Bongkahan benteng yang ambruk dan jatuh ke dasar sungai ditarik ke darat dengan menggunakan dua alat berat.

"Anggaran yang dibutuhkan untuk pembuatan tanggul sekitar Rp 600 juta.Menggunakan pos APBD murni  perubahan parsial. Ada juga bantuan dari aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Bandung Barat yang nilainya Rp50 juta," kata Anugrah.

Baca Juga: Bosan Tunggu Janji Bupati, Warga Cimareme Indah Swadaya Perbaiki Tanggul

Sedangkan Anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat, Nur Djulaeha berterima kasih kepada bupati yang telah merealisasikan janjinya untuk membangun tanggul dan mengeruk dasar Sungai Cihaur.

"Terus terang saat pak bupati meninjau beberapa hari lalu, dan berjanji akan membuatkan tanggul,  realisasinya banyak ditunggu warga. Alhamdulillah beliau memenuhi janjinya," kata Nur yang.juga tinggal di Kompleks Cimareme Indah.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA