Polsek Pasir Jambu dan Warga Bersihkan Sampah di Sungai Ciranjang

Bandung Raya

Sabtu, 18 Januari 2020 | 18:23 WIB

200118172607-polse.jpg

JAJARAN Polsek Pasir Jambu Polresta Bandung bersama masyarakat melaksanakan kerja bhakti membersihkan endapan sampah dalam upaya normalisasi aliran anak Sungai Ciranjang Desa Tenjolaya Kecamatan Pasir Jambu Kabupaten Bandung, Sabtu (18/1/2020). 

Pelaksanaan kerja bhakti itu setelah sebelumnya, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan Kepala Desa Tenjolaya Somantri menjalin koordinasi sehingga mereka sigap dan bersinergi dalam melayani masyarakat. Salah satunya perbaikan dan penataan aliran sungai. 

Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan, S.I.K., melalui Kapolsek Pasir Jambu AKP Asep Dedi mengatakan, pelaksanaan kerja bhakti tersebut, sebelumnya Bhabinkamtibmas Desa Tenjolaya menerima informasi dari Kepala Desa Tenjolaya terkait kondisi aliran Sungai Ciranjang yang rawan meluap dan menimbulkan banjir menggenangi kawasan permukiman penduduk. 

"Mendapat informasi itu, Bhabinkamtibmas Polsek Pasir Jambu dengan cepat melakukan giat kerja bhakti untuk melajukan normalisasi aliran Sungai Ciranjang," kata Asep Dedi kepada  galamedianews.com di Pasir Jambu, Sabtu.

Menurut Asep Dedi, dalam pelaksanaan kerja bhakti tersebut, tim gabungan menemukan tumpukan sampah yang berpotensi menghambat aliran air Sungai Ciranjang.

"Bahkan kita juga turur membersihkan ranting bambu yang menjalar ke sungai," katanya. 

Menurutnya, untuk membersihkan ranting tersebut, pihaknya menyiapkan alat pemotong kayu yang telah diaiapkan sebelumnya. Hal itu untuk memudahkan kerja bhakti membersihkan ranting bambu yang menghalangi aliran sungai. 

"Dengan membersihkan sampah dan ranting bambu itu, aliran air kembali normal dan lancar tanpa ada hambatan sampah maupun ranting sedikitpun," katanya. 

Asep Dedi bersama Bhabinkamtibmas Desa Tenjolaya Brigadir Iman Nurcahyo meminta warga sekitar untuk tidak membuang sampah sembarangan ke sungai.

"Selain melarang warga membuang sampah ke sungai, warga pun diminta untuk membersihkan sampah secara rutin seminggu sekali dengan cara bergotongroyong," katanya. 

Asep Dedi mengharapkan, dengan adanya kegiatan ini, khususnya wilayah Kecamatan Pasir Jambu bisa menghindari ancaman banjir.

"Masyarakat pun bisa tenang," harapnya. 

Sementara itu, warga Desa Tenjolaya Wawan pun mengucapkan terima kasih kepada Kapolsek Pasir Jambu AKP Asep Dedi beserta personel kepolisian lainnya yang sudah peduli melaksanakan kerja bhakti membersihkan sampah dan ranting bambu di aliran Sungai Ciranjang. 

"Dengan adanya kerja bhakti ini merupakan bagian dari antisipasi tersumbatnya aliran sungai hingga dapat mengakibatkan banjir," pungkasnya. 

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA