Sabtu-Minggu Layanan Pembuatan KTP-el di Cimahi Beroperasi

Bandung Raya

Jumat, 17 Januari 2020 | 20:28 WIB

200117200320-sabtu.jpg

Laksmi Sri Sundari

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi memberikan ekstra pelayanan untuk masyarakat yang hendak membuat Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el)

Mulai Sabtu (18/1/2020) besok, Disdukcapil Kota Cimahi membuka pelayanam rekam-cetak KTP-el pada hari libur, yakni Sabtu Man minggu dari pukul 09.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB.

"Kami buka pelayanan Sabtu-Minggu mulai besok, dan rencananya sampai Juni 2020 nanti," ungkap Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Cimahi, Ade Hindasah saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jln. Demang Hardjakusumah, Jumat (17/1/2020).

Menurut Ade, layanan rekam-cetak KTP-el di Sabtu-Minggu ini untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Khususnya bagi mereka yang tidak ada kesempatan waktu pada saat jam kerja.

"Karena banyak yang tidak sempat pada hari biasa, jadi kami buka pelayanam Sabtu-Minggu. Tahun lalu juga sebenarnya pernah buka layanan Sabtu-Minggu, namum vakum beberapa bulan. Terakhir 17 April 2019," terangnya.

Dikatakannya, pelayanan pembuatan KTP-el diakhir pekan dibuka mulai pukul 09.00 sampai 14.00 WIB. Untuk memberikan pelayanan maksimal, pihaknya menyiagakan sekitar 9 orang petugas.

"Jadi petugasnya gantian. Ada yang Sabtu, ada yang Minggu," ucapnya.

Terkait blanko, diakui Ade masih terbatas. Sejak beberapa bulan terakhir, blanko KTP-el yang didapat dari pemerintah pusat sangatlah terbatas. Disdukcapil Kota Cimahi hanya mendapat 500 keping blanko setiap bulannya

"Baru bulan Januari ini dapat 6.000 keping, bulan Desember 2019 kemarin masih 500 keping," sebut Ade.

Menurutnya, jumlah blanko yang didapat itu jelas tidak akan mencukupi untuk melayani pencetakan KTP-el di Kota Cimahi. Sebab sampai saat ini, daftar tunggu yang sudah siap cetak atau Print Ready Record (PRR) mencapai 31 ribu pemohon.

"Kami selesaikan utang-utang waiting list dari bulan Juni 2019, sekitar 31 ribu," ucapnya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA