AMDI Desak Pemerintah Pusat Kucurkan Kembali Beasiswa S3

Bandung Raya

Jumat, 17 Januari 2020 | 19:51 WIB

200117194724-amdi-.jpg

ist

PERWAKILAN Aliansi Mahasiswa Doktor Seluruh Indonesia (AMDI) 2018 mengadakan silaturahmi dan diskusi dengan Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, Jumat (17/1/2020). Pertemuan ini dalam upaya menyampaikan aspirasi dan meminta bantuan Komisi X DPR RI agar mengawal dana bantuan pendidikan doktor angkatan 2018 sampai selesai. 

Pertemuan dihadiri perwakilan AMDI, yakni dari AMDI Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Padjajaran (Unpad) dan Universitas Indonesia (UI). Dosen Administrasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana UPI, Dr. Diding Nurdin menjelaskan, pihaknya sangat mendukung secara moral spiritual, agar pemerintah pusat memberikan beasiswa pendidikan program doktor secara penuh supaya para mahasiswa dapat selesai studinya tepat waktu.

"Harapan kami dengan adanya silaturahmi ini, Komisi X DPR RI dapat membantu mahasiswa doktor angkatan 2018 yang berprofesi sebagai dosen di PTN maupun PTS yang tergabung dalam AMDI, untuk menyelesaikan pendidikan tepat waktu tanpa ada kendala masalah biaya. Hal ini juga sesuai dengan harapan pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia unggul Indonesia maju," paparnya.

Senada dengan Diding, Bendahara AMDI UPI, Uum Murfiah menambahkan, dalam pertemuan pihaknya meminta bantuan Komisi X DPR RI agar mengawal dana bantuan pendidikan doktor angkatan 2018 sampai selesai. Hal itu dilakukan karena pada tahun 2018 tidak ada skema BPP-DN.

"Untuk dosen yang melanjutkan pendidikan doktor (S3) dan hanya skema BUDI-DN dengan waktu terbatas hanya 4 hari kerja) dan yang lulus hanya 76 orang," ungkapnya.

Menurut dia, anggota AMDI 2018 sudah melakukan audiensi sejak Oktober 2018 dengan sejumlah pihak seperti DPR, Kemenristekdikti, Kemensesneg dan lainnya sebanyak empat kali. Bahkan AMDI juga pernah melakukan unjuk rasa di depan Istana Negara, Kemenristekdikti, Kemenkeu, dan di Kemendikbud belum lama ini.

Hal senada diungkapkan juga Sekretaris AMDI, Wa Ode Dahiana. Ia menyatakan rasa terimakasihnya kepada Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, yang menyatakan siap mengawal AMDI 2018 untuk proses dana bantuan beasiswa (on going) studi doktor sampai selesai selama 4 semester. Bahkan dalam pertemuan, Syaiful Huda mengaku akan menyurati Kemendikbud dalam waktu dekat.

Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda selain memperjuangkan, juga akan menyarankan agar adanya evaluasi total terkait beasiswa LPDP yang transparan dan berkeadilan. Tujuannya tak lain agar lulusan beasiswa LPDP dapat berkembang sesuai bidang ilmunya masing-masing.

Dia juga akan segera membuat surat resmi dan mengawal Kemendikbud, Kemenkeu dan Bapennas dalam melakukan revisi anggaran untuk mengalokasikan beasiswa mahasiswa S3 angkatan tahun 2018, sama seperti kebijakan sebelumnya 2017.

"Revisi Anggaran ini bisa dilakukan pemerintah karena mahasiswa perlu memperoleh keadilan berkelanjutan," tuturnya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA