Panglima TNI : Tantangan di Tahun 2019 Telah Diatasi, Tapi Jangan Terlena

Bandung Raya

Jumat, 17 Januari 2020 | 13:41 WIB

200117134348-pangl.jpg

Danseskoau Marsda TNI Henri Alfiandi membacakan sambutan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP.

PANGLIMA TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP., menegaskan para personel TNI tidak terlena, karena berbagai tantangan di tahun 2019 telah berhasil diatasi bersama dengan baik.

“Berbagai tantangan di Tahun 2019 telah berhasil kita atasi bersama dengan baik, tetapi bukan berarti kita terlena dengan keberhasilan tersebut,” ujar Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP., dalam sambutannya yang dibacakan Danseskoau Marsda TNI Henri Alfiandi saat Upacara Bendera 17an di Lapangan Widya Ambara, Seskoau, Lembang. Jumat (17/1/2020).

Keberhasilan yang telah dicapai pada tahun 2019, kata Panglima TNI, menjadi tanggung jawab bersama untuk terus menerus meningkatkan kemampuan, kesiagaan dan kesiapan dalam melaksanakan tugas pokok. Tuntutan kesiagaan tersebut terbukti sat terjadi bencana alam di beberapa daerah tepat saat pergantian tahun, termasuk permasalahan di Laut Natuna Utara yang ekskalatif maupun separatisme di Papua. Untuk itu, pengembangan organisasi dengan mengedepankan pendekatan tri matra terpadu telah mulai dijalankan yang sejalan dengan sinergi dan kerja sama antar instansi terkait terus dilaksanakan.

“Tahun 2020 akan diadakan Pilkada serentak di 270 wilayah, tentunya kita bertekad untuk menjamin agara pesta demokrasi berjalan aman, lancar dan sukses,” jelasnya dengan tetap mewaspadai potensi ancaman termasuk bencana alam.

Posisi geografis Indonesia dan perubahan iklim global menurutnya dapat menyebabkan bencana sehingga harus merencanakan tindakan preventif, kontinjensi yang harus dilatihkan dan dikoordinasikan dengan berbagai pihak sesuai penekanan Presiden RI Joko Widodo.

“Bangun kewaspadaan melalui deteksi dini dan cegah dini terhadap kecenderungan kerawanan yang mungkin terjadi serta tetap memperkokoh kemanunggalan TNI Rakyat,” tegasnya.

Turut hadir dalam upacara ini Wadan Seskoau Marsma TNI Jemi Trisonjaya, M.Tr. (Han), para Direktur, Kepala Departemen, Dosen, Patun, Pasis Seskoau Angkatan Ke-57, Pasis Sesau Angkatan Ke-13 dan seluruh personel Seskoau.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA