Pemkot Bandung Akan Bangun Danau Retensi

Bandung Raya

Senin, 13 Januari 2020 | 19:23 WIB

200113192441-pemko.jpg

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bandung akan membangun danau retensi di dekat kawasan Perumahan Bandung Inten, Bandung, Jawa Barat. Pembangunan danau retensi ini bertujuan untuk menanggulangi banjir.

“Kita lihat ada titik baru, mudah-mudahan bisa mengurangi dampak banjir di wilayah sini. Alternatif ada dua lokasi tetapi yang dalam waktu dekat kita sudah bisa mulai lakukan ada satu lokasi dulu, di Perumahan Bandung Inten,” ungkap Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana di kawasan Kolam Retensi Rancabolang, Senin (13/1/2020).

Danau retensi yang akan dibangun ini berukuran sekitar 200x10 meter dengan kedalaman sekitar 2 meter.

Pembangunan danau retensi ini akan dilakukan dalam waktu dekat dan ditargetkan rampung pada Maret 2020. “Kalau yang Bandung Inten mudah-mudahan besok lusa kita sudah bisa mulai,” katanya.

“Sekitar dua bulan. Saya lihat sebenarnya bisa lebih cepat karena pembuangan tanahnya ke situ juga, tidak terlalu jauh. Mudah-mudahan mempercepat proses,” sambungnya.

Selain itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Didi Ruswandi mengatakan, tingkat kesulitan dalam pembangunan danau retensi ini relatif ringan.

“Posisinya datar, tempat pembuangannya ada, dan warga sangat mengharapkan itu secepatnya,” ujarnya.

Editor: Efrie Christianto

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA