Terjerat Hukum, Pria Ini Terpaksa Melangsungkan Akad Nikah di Kantor Polisi

Bandung Raya

Jumat, 13 Desember 2019 | 18:03 WIB

191213180206-terje.jpg

Engkos Kosasih

TERHALANG dinding ruang tahanan tak membuat pasangan ini membatalkan hubungan ke jenjang yang lebih tinggi. Cinta yang menguatkan membuat mereka tetap komitmen untuk membangun bahtera rumah tangga.

HI, terpaksa harus meringkuk di sel tahanan Polresta Bandung setelah terjerat kasus penyalahgunaan obat terlarang. Namun ia sudah kadung berjanji untuk tetap setia dan menikahi kekasihnya, IF.

Akhirnya, pihak Polresta Bandung pun mengizinkan HI untuk meminang IF. Pasangan itupun diberi kesempatan melangsungkan akad nikah di Masjid Al Muhaemin komplek Mapolresta Bandung, Jalan Bhayangkara No 1 Soreang, Kabupaten Bandung, Jumat (13/12/2019).

Acara pernikahan pun berlangsung sederhana. Kedua belah pihak keluarga bedar HI dan IF hadir dalam prosesi sakral itu. Isak tangis pecah saat detik-detik para saksi nyatakan kedua mempelai sah telah menikah.

Selesai melangsungkan akad nikah, HI dan IF seperti biasa sesuai tradisi melakukan sungkeum kepada kedua orangtua dan keluarga besarnya. Isak tangis pun tidak bisa dibendung dari masing-masing keluarga mempelai.

Semula, akad nikah akan dilangsungkan di balik jeruji besi atau tahanan. Namun Kasat Narkoba Polresta Bandung, AKP Jaya Sofian lebih mengizinkan dan memfasilitasi HI menikah dengan IF di di Masjid Al Muhaemin.

"Pertimbangan sebagai umat Islam harus mengagungkan sunah Rasul. Ini sakral. Saya tidak tega kalau pasangan ini menikah di balik jeruji besi. Jadi saya kedepankan sisi kemanusiaan," kata Jaya kepada wartawan.

Sementara itu, Kabag Sumda Polresta Bandung, Kompol Agun, SH mengatakan, apa yang dialami HI dan IF harus diambil hikmahnya.

"Jadikan sebagai pelajaran, kejadian ini jangan sampai terulang lagi, sabar dalam menghadapi cobaan," kata Agun.

Salah satu keluarga mengatakan, acaranya pernikahan itu berlangsung lancar. Ia sangat mengapresiasi Kapolresta Bandung yang sudah memfasilitasi pernikahan kedua mempelai tersebut.

"Banyak terima kasih kepada Polresta Bandung yang tadi ikut hadir di Masjid Al Muhaemin," katanya.

"Mudah-mudahan ini yang terakhir. Jangan sampai kena kembali. Saya mendoakan kepada pasangan suami istri ini ada keberkahan dalam hidupnya dan nikmat dari Allah SWT. Ini kodrat irodat Allah SWT. Setelah selesai menjalani ini ada hikmahnya terutama kepada pasangan. Semoga akan ada kebaikan dari akhlaknya, dapat meningkatkan sosialasiasi dengan baik dengan masyarakat di sekitarnya," sambungnya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA