200 Orang Dikerahkan Bersihkan Lumpur di Gununghalu

Bandung Raya

Rabu, 11 Desember 2019 | 11:04 WIB

191211110621-200-o.jpg

Dicky Mawardi

PENYINGKIRAN material lumpur yang menutup badan jalan desa di Kampung Hegarmanah,  Desa Cilangari Kecamatan Gununghalu,  Kabupaten Bandung Barat melibatkan lebh dari 200 orang, Rabu (11/13/2019). Diperkirakan ribuan meter kubik lumpur yang berasal dari Bukit Cisarongge yang longsor menimbun sawah dan jalan desa.

Diperkirakan badan jalan yang tertimbun lumpur panjangnya mencapai 50 meter. Dengan ketebalan lumpur terdalam sekitar 7 meter.

Penyingkiran lumpur melibatkan aparat kepolisian yang dipimpin Kapolres Cimahi  AKBP Mochammad Yoris Maulana Yusuf Marzuki  Kodim 0609, BPBD Kabupaten Bandung Barat. aparat kecamatan,  aparat desa,ormas, dan masyarakat.

"Penanganan lumpur secara manual karena alat berat tidak dapat masuk ke lokasi. Kondisi jalan menuju tempat kejadian berbelok-belok, penuh tanjakan dan turunan curam serta lebarnya hanya sekitar 1,5 meter sehingga tak bisa dilewati alat berat," kata Camat Gununghalu, Taufik Pirmansyah di lokasi.

Ia mengatakan, penanganan lumpur harus ekstra hati-hati karena memiliki ketebalan ada yang mencapai 7 meter. Jika salah menginjak bisa terjebak dlam kebangun lumpur yang masih basah.

"Dampak dari longsornya Bukit Cisarongge yang terjadi Jumat pekan lalu,  memang memutus akses jalan alternatif menuju Kabupaten Cianjur. Tapi warga masih bisa menggunakan jalur lain,  jadi tidak ada yang sampai terisolir," ujarnya.

Paling mendesak yang harus dilakukan, lanjut Taufik, adalah memperbaiki pipa air bersih yang rusak dihantam material longsor. Pasalnya, pipa yang rusak mengganggu penyaluran air bersih 23 kepala keluarga (KK).

"Pipa air bersih rusak terbawa longsor.  Pihak BPBD akan memprioritaskan pembangunan pipa baru. Selain itu,  kira secepatnya akan.membersihkan selokan air yang tertimbun material longsor,"  ujar Taufik.

Selokan tertimbun longsor juga mengganggu pengairan sekitar 20 hektare areal pertanian.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA