Hujan Deras Sebabkan Tebing Setinggi 10 Meter Longsor di Pasirjambu

Bandung Raya

Sabtu, 7 Desember 2019 | 08:51 WIB

191207085350-hujan.jpg

Engkos Kosasih

HUJAN deras yang terjadi pada Jumat (6/12/2019) sore hingga malam hari, menyebabkan terjadinya bencana longsor di Kampung Babakan RT 03/RW 02 Desa Mekarsari Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung.

Akibat bencana longsor dengan ketinggian tebing 10 meter dan panjang 5 meter itu, menutup akses jalan di kawasan tersebut.

Kendaraan roda dua maupun roda empat yang melaju dari Pasirjambu menuju Gambung Desa Mekarsari Kecamatan Pasirjambu maupun sebaliknya tidak bisa melintas karena tertutup urukan tanah.

"Bencana alam longsor itu terjadi pada Jumat malam pukul 18.45 WIB. Sekitar pukul 22.00 WIB, longsoran tanah yang menghalangi akses jalan baru bisa dibersihkan oleh tim gabungan," kata Kapolresta Bandung AKBP Hendra Kurniawan melalui Kapolsek Pasirjambu AKP Asep Dedi kepada galamedianews.com, Sabtu pagi.

Menurut Asep Dedi, untuk membersihkan material tanah yang menghalangi akses jalan itu, dikerahkan tiga unit mobil Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung. Jajaran Polsek Pasirjambu turut membersihkan material longsoran tanah dibantu warga sekitar.

"Bahwa terjadinya bencana alam longsor tersebut diakibatkan hujan yang menguyur wilayah Kecamatan Pasirjambu dengan intensitas tinggi dan cukup lebat serta kondisi tanah tebing tersebut labil, sehingga mudah longsor," katanya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA