Sekitar 349 Titik Spot Wifi Gratis Bisa Dinikmati Masyarakat Kota Cimahi

Bandung Raya

Jumat, 6 Desember 2019 | 16:15 WIB

191206155840-sekit.png

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Cimahi sudah menyediakan 349 titik spot wifi gratis yang bisa dinikmati masyarakat luas. Diharapkan, keberadaan wifi tersebut dapat dimanaatkan masyrakat untuk mendapatkan pelayanan publik secara lebih baik.

"Total ada 349 titik wifi gratis yang sudah kami sediakan yang dipasang secara bertahap, yakni 312 titik di RW, 8 titik di Gedung Perkantoran Pemkot Cimahi, 1 titik di Perpustakaan, 3 titik di Kecamatan, 15 titik di kelurahan, 3 titik puskesmas, dan 6 titik di area publik," ungkap Kepala Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi, Harjono di Pemkot Cimahi Jln. Demang Hardjakusumah, Jumat (6/12/2019).

Pemasangan wifi gratis itu, ada yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi sebanyak 8 titik yakni Taman RA Kartini, Technopark Cimahi, Alun-alun Cimahi ada dua titik, Taman Aspirasi, dan di tiga kecamatan se-Kota Cimahi. Dua titik bantuan dari Diskominfo Jabar, yakni di kantor Disdukcapil Kota Cimahi, dan Diskominfoarpus dan Dishub yang lokasinya berdekatan. Sisanya merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR).

"Anggaran dari Diskominfoarpus hanya 8 titik saja, sisanya dari Provinsi, dan CSR dari provider. Kedepan, akan ada penambahan titik-titik wifi gratis secara bertahap, seperti di ruang publik dan di semua tempat pelayanan publik," beber Harjono.

"Tahun depan rencanaya akan ada pemasangan wifi di lingkungan RSUD Cibabat, dan Rusunawa. Ada 4 titik bantuan Diskominfo Provinsi," tambah Harjono.

Menurutnya, penempatan wifi gratis di ruang publik dan pelayanan publik itu bagian dari pengembangan infrastruktur digital, yang menjadi salah satu program ungulan Wali Kota Cimahi, Ajay M. Priatna. Serta menjadi bagian dari perencanaan pengembangan Cimahi Smart City.

"Masyarakat dapat memanfaatkan wifi gratis tersebut untuk mendapatkan pelayanan publik secara lebih baik, mengingat kedepan mulai berlaku SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik)," terangnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA