Puluhan Toko Modern di Cimahi Dipasangi Stiker Peringatan, Kenapa Ya?

Bandung Raya

Kamis, 5 Desember 2019 | 20:02 WIB

191205194826-puluh.jpg

ist

PULUHAN ritel atau toko modern di Kota Cimahi dipasangi stiker peringatan jam operasional. Hal itu dilakukan agar pengelola ritel mematuhi jam operasional yang sudah ditentukan.

Pasalnya, tidak sedikit toko modern di Kota Cimahi yang membuka operasionalnya 24 jam. Di sisi lain, secara aturan mereka hanya diperbolehkan buka dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

"Tahun ini pembinaan on the spot. Kami yang mendatangi toko modernnya, enggak sosialisasi di satu tempat. Terakhir pembinaan jam operasional, kami menempelkan stiker jam buka tutup toko," ungkap Kepala Seksi (Kasi) Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Dinas Perdagangan Koperasi UMKM Perindustrian (Disdakoperin) Kota Cimahi, Eka Handayani di Pemkot Cimahi Jln. Demang Hardjakusumah, Kamis (5/12).

Penempelan stiker tersebut, kata Eka dilakukan pada 9-10 September 2019 lalu. Ada 50 toko modern yang sudah dipasangai stiker, dari total 111 toko modern yang ada di Kota Cimahi.

"Baru 50 toko modern yang sudah dipasangi stiker. Insya Allah sisanya di tahun depan. Stiker tersebut nggak boleh dicabut. Sudah dibilangin ke pengelola toko-nya. Nanti kita cek lagi," ujarnya.

Aturan jam operasional toko modern di Kota Cimahi sudah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Cimahi Nomor 8 Tahun 2016 tentang Perlindungan Pasar Tradisional dan Pasar Modern. Berdasarkan Perda tersebut, seharusnya toko modern mulai beroperasi pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

"Ada pengecualian toko modern yang buka 24 jam, yakni yang ada di SPBU, rumah sakit, stasiun, dan terminal. Yang lainnya harus sesuai aturan," tegasnya.

Diakui Eka, memang masih banyak toko modern di Kota Cimahi yang melanggar jam operasional, dan itu berdampak kepada konsumen pasar tradisional atau warung-warung kecil. "Masih ada. Nanti dari dinas akan pembinaan lagi," ucapnya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA