Ribuan Massa Padati Gedung Sate, Polisi Lakukan Sejumlah Pengamanan

Bandung Raya

Rabu, 20 November 2019 | 12:52 WIB

191120124546-ribua.jpg


RIBUAN massa yang tergabung pada Aliansi Buruh se-Jawa Barat akan memadati jalan Diponegoro atau depan Gedung Sate, Rabu (20/11/2019) sejak pukul 09.00 WIB.

Namun sebelumnya, ribuan massa itu akan berkumpul di Pasteur dan Monumen Perjuangan kemudian long march menuju Gedung Sate.

Kabag Ops Polrestabes Bandung, AKBP Widodo mengatakan untuk mengamankan arus lalu lintas dan aksi unjuk rasa, pihaknya akan melakukan penutupan sementara di jalan Diponegoro. Sehingga kendaraan yang akan melintasi kawasan tersebut akan dialihkan ke Jalan Sentot Alibasyah atau ke Jalan Cilayama.

"Kalau sebanyak itu turun, tentu ruang yang perlu kami siapkan cukup besar, sehingga kemungkinan jalan Diponegoro depan Gedung Sate ini di tutup sementara. Akan kami alihkan baik itu ke jalan Sentot atau ke jalan Cilamaya," kata Widodo yang dikutip saat On Air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Rabu (20/11/2019).

Terkait dengan pengamanan, Widodo menyebut pihaknya menurunkan sebanyak 985 personel gabungan dari Dalmas Polda Jabar, Brimob Polda Jabar dan juga personel dari Polrestabes Bandung.

Ratusan personel itu ditegaskan bukan untuk berhadapan dengan pengunjuk rasa. Namun, semata-mata untuk memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh elemen masyarakat.

"Untuk titik kumpul di Monumen Perjuangan dan juga ada di jalan Pasteur, jadi ada yang akan longmarch dari Monju dan dari Pasteur. Sehingga kemungkinan akan kami lakukan rekayasa lalu lintas atau setidaknya melakukan pengaturan lalu lintas," jelasnya.

Ia berharap, aksi unjuk rasa berakhir pada pukul 18.00 WIB sebagaimana yang tertuang dalam undang-undang.

"Kami belum dapat konfirmasi, tapi sebagaimana undang-undang tidak boleh melebihi pukul 18.00 WIB. Mudah-mudahan apa yang diharapkan oleh teman-teman aliansi buruh Jabar, ingin beraudiensi ingin segera terlaksana, kemudian hasilnya seperti apa mudah-mudahan juga bisa membuat semua pihak menerima," harapnya.

Selain itu, titik kumpul massa pun terdapat di Balai Kota Bandung. Diperkirakan sebanyak 100 orang akan memadati Balai Kota Bandung.

"Di balaikota ada 100 orang kurang lebih dari salah satu LSM, kemudian itu cukup diamankan oleh lingkungan kami. Secara berlapis kami juga sudah membuat rencana pengamanan," paparnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA