Stakeholder di Ciwidey Gelar Penanaman Pohon dan Pembuatan LCO

Bandung Raya

Selasa, 19 November 2019 | 15:16 WIB

191119151645-stake.jpg

Engkos Kosasih


DALAM rangka mendukung program Citarum Harum dan memanfaatkan lahan kosong dari pohon tegakan, stakeholder di Ciwidey melaksanakan gerakan penanaman pohon pada lahan milik warga di Desa Rawabogo, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Selasa (19/11/2019). Kegiatan diinisiasi Muspika dan KUA Ciwidey.

Pohon yang ditanam berjumlah ratusan batang dan berasal dari pengumpulan pasangan yang hendak melaksanakan nikah di Kecamatan Ciwidey. Danramil Ciwidey, Kapten Inf. Toto Toha mengapresiasi sejumlah pihak yang melaksanakan gerakan penanaman pohon sekaligus pembuatan lubang cerdas organik (LCO) tersebut.

"Gerakan penanaman pohon ini erat kaitannya dengan program dan mendukung Citarum Harum. Ratusan pohon yang ditanam itu adalah hasil dari kepedulian pasangan yang akan melaksanakan pernikahan," kata Toto kepada galamedianews.com usai melaksanakan gerakan penghijauan dan pembuatan LCO.

Toto mengatakan pentingnya gerakan penanaman pohon pada lahan perkebunan milik warga itu. Pasalnya, selama ini minim pohon tegakan. Bahkan di kawasan tersebut rawan longsor.

"Kawasan tersebut menjadi daerah resapan air disaat turun hujan, selain untuk menghijaukan lahan dari ancaman longsor," ucapnya.

Ia mengharapkan, adanya gerakan penanaman pohon itu dapat mengurangi aliran air disaat turun hujan. Kawasan tersebut merupakan daerah aliran Sungai Ciwidey.

"Kami berharap gerakan penanaman pohon itu dapat mengurangi ancaman banjir di kawasan rawan banjir disaat musim hujan," katanya.

Lebih lanjut Toto menuturkan, pembuatan LCO itu tak hanya dilaksanakan di lingkungan SMPN 3 Ciwidey, tapi juga tersebar di semua RT dan RW di desa tersebut. Satu rumah minimal membuat 2 LCO. Selain LCO, warga juga diharuskan menanam 2 pohon untuk menghijaukan lahan kritis maupun lahan kosong.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA