Moja Cigugurgirang Apresiasi Peran TNI-Polri Amankan Pemilu

Bandung Raya

Senin, 18 November 2019 | 20:53 WIB

191118205432-moja-.jpg

Dicky Mawardi


MOJANG (Moja) Cigugurgirang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat memberikan karangan bunga kepada anggota TNI-Polri yang telah berhasil mengamankan pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2019.

"Memang pilpres dan pileg sudah berlalu. Presiden dan wakil presiden terpilih sudah dilantik, sama halnya anggota dewan. Tapi bagi warga Cigugurgirang tak ada kata terlambat untuk mengucapkan terima kasih kepada aparat keamanan," kata Ketua Moja Cigugurgirang Fitriani (31), saat ditemui di Mapolsek Cisarua, Senin (18/11/2019).

Ia berpendapat, apa yang sudah dilakukan aparat keamanan dalam menjaga pesta demokrasi lima tahunan ini tidaklah mudah. Butuh ekstra kerja keras agar pilpres dan pileg berlangsung aman dan damai.

"Pilpres dan pileg memanaskan tensi politik. Rawan perpecahan di masyarakat, bahkan lingkungan keluarga sekalipun. Belum lagi faham radikalisme yang terus berapaya menyusup," tuturnya.

Ia melihat faham radikalisme mencoba merusak tatanan kerukunan masyarakat Indonesia yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila. Sehingga tugas yang diemban TNI-Polri sangatlah berat, di sisi lain netralitas juga harus mereka jaga.

Selepas mengamankan pilpres dan pileg, lanjut Fitriani, aparat TNI-Polri di Kabupaten Bandung Barat sudah dihadapkan pada pelaksanaan Pilkades Serentak 2019 yang hari pencoblosannya jatuh pada tanggal 24 November 2019. Dari 165 desa, tercatat 112 desa yang menggelar pilkades.

"Pilkades serentak ini menjadi ujian bagi aparat keamanan dan tentunya masyarakat Bandung Barat dalam berdemokrasi. Ini menjadi ujian agar pilkades dapat berjalan aman, damai dan demokratis," ujarnya.

Di tempat yang sama, Kapolsek Cisarua, Kompol Ikhwan Heriyanto tak mengira tugas aparat keamanan selama mengawal pesta demokrasi lalu mendapat apresiasi dari warga.

"Saya mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan masyarakat melalui Moja Cigugurgirang. Apa yang kami lakukan lalu, sebagai bentuk kewajiban dalam menjaga keamanan. Tapi semua itu tidak akan berhasil tanpa peran serta masyarakat," kata Ikhwan.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA