Tujuh Roller Barrier Dipasang di Titik Rawan Kecelakaan Jalan Provinsi Jawa Barat

Bandung Raya

Senin, 18 November 2019 | 15:26 WIB

191118152744-tujuh.jpg


TUJUH roller barrier telah terpasang di titik rawan kecelakan di jalan Provinsi Jawa Barat. Pembatasan jalan berteknologi slinder ini diyakini bakal mengurangi resiko korban kecelakaan.

Tujuh roller berier milik dinas perhubungan provinsi Jawa Barat ini sudah dipasang dari tahun 2018. Hal ini dilakukan seiringnya banyaknya insiden kecelakaan yang menelan banyak korban jiwa.

“Kita sudah mulai berlakukan sejak tahun lalu terutama di titik-titik rawan kecelakaan. Tentunya ini sebagai langkah meminimalisir kecelakaan dan korban jiwa,” kata kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Hery Antasari saat dihubungi via telepon genggam, Senin (18/11/2019).

Hery menuturkan, pemasangan yang sudah dilakukan oleh pihaknya yaitu di tikungan “S” Jalan Raya Cikidang-Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Pembatas jalan berwarna kuning itu dipasang sepanjang 60 meter.

Lebih lanjut Hery menjelaskan, lokasi selanjutnya yakni di Jalan Raya Cijambe-Jalan Cagak, Kabupaten Subang sepanjang 20 meter. Lalu Jalan Raya Leuweung Tiis, Leles, Kabupaten Garut sepanjang 20 meter.

“Tiga lokasi ini kita sudah pasang sejak tahun 2018,” ucap dia.

Memasuki tahun 2019, pemasangan dilanjutkan di ruas Jalan Simpang Loji-Puncak Darma, Kabupaten Sukabumi sepanjang 40 meter. Kemudian, pemasangan juga dilakukan di Jalan Tangkubanpaarahu, Kabupaten Bandung Barat, KM 28 dengan panjang 80 meter.

“Yang sudah selesai juga ada di ruas Jalan Majalengka-Cikijing KM 59+700 sepanjang 20 meter,” ucap dia.

Hery menjelaskan, ada beberapa titik lainnya yang sedang persiapan pemasangan roller barrier yakni Ruas Jalan Tanjungpura-Rengasdengklok-Batujaya, Kabupaten Karawang sepanjang 80 meter.

Lokasi lainnya yaitu Jalan Raya Cikajang-Bungbulang, Kabupaten Garut sepanjang 80 meter. Saat ini persiapan pemasangannya masih dalam tahap lelang dan baru diumumkan pemenangnya 19 November 2019.

“Jadi total yang terpasang nanti tahun 2018 dan 2019 ini 380 meter,” ujar Hery.

Progres pemasangan roller barrier ini juga disampaikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil melalui akun Instagramnya. Hery menyebut roller barrier sudah dipasang di banyak titik rawan kecelakaan di Jabar.

“PROGRAM ROLLER BARRIER, teknologi tabung putar penahan trabrakan, sudah dipasang di banyak titik jalan provinsi yang rawan kecelakaan oleh Dishub Provinsi Jawa Barat. Semoga bisa mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas di masa depan,” tulis Emil panggilan Ridwan Kamil.

Editor: Efrie Christianto

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA