Waduh, Ratusan ASN di Cimahi Alami Obesitas

Bandung Raya

Jumat, 15 November 2019 | 18:38 WIB

191115184255-waduh.jpg

orbitdigitaldaily.com

ilustrasi


SEBANYAK 186 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi mengalami obesitas sentral atau penimbunan lemak di perut. Hal itu berdasarkan hasil pemeriksaan deteksi Penyakit Tidak Menular (PTM) yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi beberapa waktu lalu.

Pemeriksaan deteksi PTM ini dilakukan terhadap 683 orang ASN yang bekerja di lingkungan Pemkot Cimahi. Selain obesitas sentral, dari hasil deteksi PTM tersebut banyak pula ASN yang mengalami PTM lainnya.

Di antaranya, sebanyak 235 ASN adalah perokok berat, 350 ASN kurang aktifitas fisik, 410 ASN kurang mengkonsumsi sayur dan buah, 214 ASN mengalami kolesterol, 48 ASN mengalami tekanan darah di atas 140/90 mmHg, dan sebanyaj 32 ASN mengalami gula darah.

Sekretaris Dinkes Kota Cimahi, Chanifah Listyarini mengatakan, deteksi PTM terhadap para abdi negara ini rutin dilakukan setiap tahun, untuk memastikan kesehatan mereka. Hasilnya tidak berbeda jauh dari tahun sebelumnya, yakni pola makan yang tidak teratur, sehingga menyebabkan obesitas dan sebagainya.

"Hasil yang dilaksanakan, ASN kita kebanyakan sudah mulai obesitas, kegemukan. Kemudian kurang makan buah dan sayur. Faktor risikonya juga kolesterol mulai tinggi," ungkapnya di Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Jumat (15/11/2019).

Hasil pemeriksaan tahun sebelumnya pun tidk jauh berbeda. Dari total 865 ASN yang diperiksa, sebanyak sebanyak 232 ASN adalah perokok, kurang aktifitas fisik 421 ASN, kurang sayur dan buah 385, kolesterol 119 orang, tekanan darah di atas 140/90 mmHg ada 124 ASN, gula darah 119 orang, serta obesitas sentral 292 orang.

Dikatakan Rini, sapaan Chanifah Listyarini, permasalahan PTM pada para abdi negara ini harus segera diintervensi. Salah satu upaya yang dilakukan pihaknya adalah dengan menerapkan program senam bugar atau stretching (peregangan).

Setiap pukul 10.00 WIB, Dinkes Kota Cimahi akan mengumumkan melalui pengeras suara agar ASN di setiap ruangan untuk melakukan peregangan. "Untuk pembiasaan, nanti setiap saat di ruangan masing-masing bisa melakukan senam bugar 7 menit untuk menjaga kesehatan," jelas.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA