Siswa SMK Pusdikhubad Ikuti Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas

Bandung Raya

Kamis, 14 November 2019 | 14:47 WIB

191114144914-siswa.jpg

Laksmi Sri Sundari


RATUSAN siswa SMK Pusdikhubad  mengikuti kegiatan Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas di sekolahnya Jalan Kalidam, Kelurahan Karangmekar, Kecamatan Cimahi Tengah, Kamis (14/11). Para siswa ini tampak antusias mengikuti kegiatan yang diinisiasi Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi.

Dalam kegiatan tersebut, para siswa memperoleh materi tentang pengetahuan mengenai tata cara berlalu lintas yang baik dan benar. Serta pengenalan perlengkapan jalan, seperti macam-macam rambu, marka, dan guard rail.

Kepala Seksi (Kasi) Manajemen dan Keselamatan Lalu Lintas Dishub Kota Cimahi,  Alfi Fauziah mengatakan, sosialisasi tertib berlalu lintas ini bertujuan agar siswa mengerti dan memahami aturan berlalu lintas, sesuai undang-undang yang berlaku. Serta mampu menjadi pelopor keselamatan lalu lintas, dan meneruskan sosialisasi keselamatan lalu lintas tersebut kepada siswa lain, serta masyarakat sekitarnya.

"Sosialisasi ini agar siswa menumbuhkan kesadaran dalam berlalu lintas di jalan raya secara tertib, dan mematuhi aturan yang ada. Mengenal perlengkapan jalan sebagai fasilitas sarana prasarana lalu lintas," ungkap Alfi usai kegiatan.

Ia mengatakan, selama ini tidak jarang terjadi kecelakaan akibat pengendaranya bertindak ugal-ugalan atau balapan liar di jalan raya. Selain itu juga banyak terlihat pengendara, terutama dari kalangan anak muda atau siswa yang tidak memakai helm, kendaraaanya tidak memakai kaca spion, dan tidak memiliki lampu sen.

Di samping itu banyak pula siswa yang memakai kendaraan bermotor tanpa kelengkapan, seperti surat izin mengemudi (SIM) dan surat-surat kendaraan lainnya.

"Ya masih banyak yang belum punya SIM, tapi sudah membawa kendaraan ke sekolahnya. Orangtuanya juga pada aneh, tahu anak belum pada cukup umur sidaj difasilitasi kendaraan," bebernya.

Berbagai pelanggaran tersebut umumnya disebabkan kurangnya kesadaran dan pengetahuan mereka tentang aturan, dan persyaratan berkendaraan.

"Untuk menumbuhkan kesadaran dalam berlalu lintas, terutama kepada generasi muda, kita terus menggiatkan penyuluhan ke sekolah-sekolah," beber Alfi.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA