Wirausahawan Baru KBB Ditunggu Calon Pembeli

Bandung Raya

Rabu, 13 November 2019 | 12:04 WIB

191113120613-wirau.jpg

ist


LULUSAN program Skill Development Center (SDC) bidang kewirausahaan di Kabupaten Bandung Barat mendapat kesempatan luas untuk memasarkan hasil produknya ke 50 buyer yang sudah siap membelinya.

Warga  Bandung Barat yang mengikuti pelatihan kewirausahaan mencapai 1.088 orang yang berasal dari 16 kecamatan. Mereka diberi pelatihan budidaya kacang edamame sejenis kacang kedelai dari Jepang, serta berbagai jenis tanaman lainnya. Selain itu mendapat pelatihan budidaya ikan mas, gurami dan nila.

"Kemarin (Selasa, 12/11/2019) Kami diundang oleh 50 buyer tingkat nasional. Selain Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bandung Barat juga dari Kabupaten Kulon Progo. Ini peluang besar bagi wirausahawan baru yang sudah kami latihan dibidang pertanian dan peternakan,"  kata Kepala Disnakertrans Kabupaten Bandung Barat Iing Solihin di Ngamprah,  Rabu (13/11/2019).

ia menyebut, calon pembeli membuka peluang kepada wirausahawan baru lulusan program SDC untuk menjual hasil panennya. Tercatat buyer kacang edamame membutuhkan 17 ton per dua minggu. Begitupun dengan hasil panen  kopi bisa ditampung sebesar-besarnya.

"Mereka sudah kita bekali ilmu bercocok tanam yang baik dan benar. Sehingga hasil panennya bisa maksimal dan berkualitas," harapnya.

Selain mendapat pelatihan, peserta program wirausahawan baru juga dibekali bibit. Lahan yang digunakan untuk bercocok tanam ada milik pribadi juga sewa.

"Ke depan akan kita coba sediakan lahannya," ucapnya.

Sebelumnya, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna meyakini, pelatihan wirausaha mampu mendongkrak produktifitas masyarakat sehingga akan mampu menekan angka pengangguran. Namun dibutuhkan komitmen banyak pihak untuk menindaklanjuti hasil pelatihan agar masyarakat benar-benar bisa merasakan manfaatnya.

"Lahirnya wirausaha baru bisa mengatasi angka pengangguran di Kabupaten Bandung Barat yang relatif masih tinggi. Harapannya, setelah lahir wirausaha baru bisa merekrut atau mempekerjakan orang lain yang memang membutuhkan pekerjaan," kata Umbara.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA