Pemkot Cimahi Fokus pada Empat Isu Kesehatan di Peringatan HKN ke-55

Bandung Raya

Selasa, 12 November 2019 | 16:25 WIB

191112162615-pemko.jpg


ADA empat isu kesehatan yang mengemuka dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun 2019, yakni stunting, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), tingginya harga obat dan alat kesehatan, serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri.

Peringatan HKN tingkat Kota Cimahi berlangsung di Lapangan Apel Pemkot Cimahi Jln. Demang Hardjakusumah, Selasa (12/11/2019).  Apel dipimpin langsung Wakil Wali Kota Cimahi, Ngatiyana.

Menurut Ngatiyana, permasalahan kesehatan tersebut akan menjadi fokus  perhatian pemerintah dari tingkat pusat hingga daerah, untuk mencapai sumber daya manusia (SDM) unggul dan sehat.

"Hal-hal tersebut akan jadi perhatian kita bersama untuk dapat segera diupayakan solusinya," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Ngatiyana juga memuji kinerja kabinet era Presiden dan Wakil Presiden periode 2014-2019, Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam bidang kesehatan untuk pembangunan SDM.

"Ada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) setiap tahun, dimana salah satu yang diukur adalah usia harapan hidup," katanya.

Dijelaskannya, isu-isu strategis termasuk di Kota Cimahi sudah dilaksanakan dan dianggap ada perbaikan. Seperti dari angka kematian ibu dan anak, menurunnya angka stunting, meningkatnya cakupan imunisasi dan berhasilnya pengendalian penyakit menular seperti Tuberkulosis (TB).

"Dalam kurun waktu 5 tahun, angka stunting berhasil diturunkan hampir 10 persen," terang Ngatiyana.

Kemudian permasalah krusial saat ini, tambah Ngatiyana, naiknya biaya JKN yang di-cover Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. "Untuk itu, mari kita carikan solusinya bagaimana mengatasi masalah yang dihadapi saat ini dalam memfasilitasi masyarakat untuk mendapat akses kesehatan yang adil dan merata," jelas Ngatiyana.

Pada peringatan HKN ini, Nagtiyana berharap derajat dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kota Cimahi semakin baik. Dikatakannya, puskesmas dan rumah sakit di Kota Cimahi akan maksimal memberikan pelayanan kesehatan bagi warga.

"Mudah-mudahan ke depan kesehatan masyarakat semakin baik, termasuk pelayanannya," terang Ngatiyana.

Editor: Efrie Christianto

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA