Kanit Binmas Polsek Ibun Ajak Warga Pelihara Pohon di Lahan Kritis

Bandung Raya

Sabtu, 9 November 2019 | 12:05 WIB

191109120731-kanit.jpg


KEPALA Unit Binmas Polsek Ibun, Aiptu Nunuh Sutisna meminta warga untuk ikut memelihara pohon yang telah ditanam di sejumlah kalan kritis. Tanpa partisipasi warga, pohon tak akan tumbuh besar.

"Sebenarnya, kita sudah melakukan upaya penanaman pohon endemik sejak 2015 sampai akhir musim hujan 2019. Sebanyak 17.000 pohon sudah ditanam di kawasan hutan maupun di lahan milik warga di Kecamatan Ibun tersebut," katanya.

"Namun sayang dari sekian banyak pohon yang sudah kita tanam dengan melibatkan berbagai unsur pemerintah, komunitas, pegiat lingkungan maupun perusahaan itu, yang tumbuh di bawah 50 persen. Sebagian besar mati karena kurang pemeliharaan," kata Nunuh, Sabtu (9/11/2019).

Menurutnya, pohon yang mati setelah ditanam itu karena pengaruh cuaca memasuki musim kemarau. Ditambah lagi, lahan yang ditanami pohon itu pada hamparan lahan berpasir sehingga menyulitkan tanaman untuk tumbuh di musim kemarau.

"Pada musim kemarau kemarin, tingkat kematian pohon yang sudah ditanam cukup tinggi. Yaitu memcapai lebih dari 50 persen," keluhnya.

Ia mengatakan, belasan ribu pohon yang ditanam itu hasil swadaya masyarakat.

"Sudah bisa tanam saja sudah untung. Ini sebagai wujud kepedulian kita saja terhadap lingkungan. Dengan cara melakukan gerakan penanaman pohon," katanya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA