Pangdam III/Siliwangi yang Baru Berkomitmen Teruskan Program Citarum Harum

Bandung Raya

Rabu, 6 November 2019 | 17:44 WIB

191106174814-pangd.jpg

Rio Ryzki Batee


PANGDAM III/Siliwangi , Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto berkomitmen untuk meneruskan program Citarum Harum. Pasalnya sungai tersebut, berdampak kepada jutaan masyarakat di Jawa Barat dan sekitarnya.

"Harapannya bisa meningkatkan program Citarum Harum, sehingga bisa lebih cepat terwujud," ungkapnya usai lepas sambut Pangdam III/Siliwangi di Graha Tirta Siliwangi, Jln. Manado, Kota Bandung, Rabu (6/11/2019).

Menurutnya terkait program Citarum Harum, pihaknya akan melakukan evaluasi akan kinerja selama ini. Termasuk meningkatkan profesionalisme prajurit TNI dalam memaksimalkan program tersebut.

"Kita sudah membentuk Dansektor, selanjutnya evaluasi, kurang kita perbaiki dan yang baik dilanjutkan. Sehingga sesuai dengan amanah Presiden," katanya.

Diakuinya dengan baru dilantiknya sebagai Pangdam III/Siliwangi, dirinya belum memahami persis akan kondisi Sungai Citarum saat ini. Sehingga akan turun ke lapangan dan mempelajari terlebih dahulu terkait program ini.

"Kita akan pelajari dulu, dan selanjutnya baru kita evaluasi," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Pangdam III/Siliwangi sebelumnya, Letjen TNI Tri Soewandono mengatakan bahwa program Ciatrum Harum merupakan program pentahelix, yang melibatkan seluruh elemen dan stakeholder di masyarakat.

"Untuk wilayah Jawa Barat kita punya program Citarum Harum. Yaitu program pentahelix, baik ilmuwan, tokoh masyarakat dan semuanya, untuk bersama-sama mengatasi sungai yang tadinya terkotor dunia sekarang sudah menjadi bersih," tuturnya.

Tri menerangkan sebelum serah terima jabatan Pangdam III/Siliwangi, telah dipanggil oleh Menkokemaritiman yang diberikan tugas untuk mengembalikan lahan kritis atau lahan gundul menjadi kembali hijau. 

"Jadi prinsipnya apabila kita kerja dengan serius, kerja dengan maksimal, maka semua hambatan-hambatan bisa kita lalui," ujarnya.

Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Jabar akan terus berkomitmen, melanjutkan kebersamaan dengan semua unsur Forkompimda dalam membangun Jabar, termasuk dengan Kodam III/Siliwangi.

Diakuinya pihaknya tidak bisa kerja sendiri, dalam mengelola provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia ini.

"Kita akan melanjutkan kebersamaan dengan Forkopimda yang ada di Jawa Barat, karena pemerintah tidak bisa sendirian, harus bekerja sama dengan seluruh lapisan terutama ini dengan TNI," ucapnya.

Uu menambahkan bahwa Jawa Barat memiliki jumlah penduduk yang banyak dan wilayah yang luas. Oleh karena itu, perlu kebersamaan dalam mengelola provinsi yang dikenal sebagai "Tanah Pasundan" ini.

"Supaya apa yang diharapkan Jawa Barat, yang gemah, ripah, repeh, rapih, lohjinawi dengan jargon Juara Lahir dan Batin," imbahnya.

Pangdam III/Siliwangi saat ini dijabat oleh Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Nugroho Budi Wiryanto menggantikan Letnan Jenderal (Letjen) TNI Tri Soewandono.

Tri sendiri saat ini merupakan Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Sesmenko Polhukam). Adapun, Nugroho sebelum menjabat Pangdam III/Siliwang adalah Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA