62 Mahasiswa Universitas Maranatha Ikuti KKN Tematik Citarum Harum

Bandung Raya

Rabu, 6 November 2019 | 15:53 WIB

191106155732-62-ma.jpg


UNIVERSITAS Kristen Maranatha (UKM) berpengalaman menyiapkan sejumlah mahasiswa lintas disiplin ilmu untuk turun ke masyarakat dalam kegiatan KKN Tematik Citarum Harum. Pelaksanaan kegiatan tersebut kembali digelar pada Rabu (6/11/2019), di ruang Paulus, Lantai 4, GAP UKM. Pembekalan pengelolaan sampah dipimpin oleh Pdt. John Sumual dari Bank Sampah Bersinar.

Sejumlah 62 orang mahasiswa mengikuti kegiatan pembekalan tersebut. Mereka berasal dari Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik dan Fakultas Teknologi Informasi UKM.

Pada kesempatan tersebut, Olga Pattipawaej, Ph.D, selaku Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan, mengingatkan bahwa prestasi KKN Tematik tahun 2018 yang pernah diselenggarakan terbukti memberikan hasil nyata di masyarakat. Sejumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat meningkatkan perputaran omsetnya setelah sebelumnya dibekali oleh pelatihan dalam membuat kemasan yang ramah lingkungan, serta manajemen dalam pengelolaan UMKM.

KKN berbasis Pemberdayaan Masyarakat ini merupakan program terpadu di Universitas Kristen Maranatha, karena terintegrasi langsung menjadi bagian dari mata kuliah kewirausahaan di Fakultas Ekonomi dan mata kuliah "Packaging" di Fakultas Seni Rupa dan Desain.

" Para mahasiswa dapat langsung mengetahui kebutuhan masyarakat dan mengimplementasikan langsung kompetensi mereka. KKN memberikan manfaat yang besar bagi pengembangan diri mahasiswa, peningkatan kualitas hidup masyarakat, dan meringankan beban pemerintah dalam mengatasi permasalahan di daerah Citarum, " ujarnya dalam siaran persnya, Rabu (6/11/2019).

Pengelolaan sampah Bagaimana mengelola sampah mejadi berkah? Hal inilah yang dipaparkan oleh Bapak Pdt. John. "Sampah jangan dibuang, tetapi perlakukanlah dengan baik, maka akan menjadi berkah. Kalau dibuang begitu saja, misalnya ke sungai ataupun tempat lainnya secara sembarangan, maka akan menjadi bencana bagi umat manusia", tambahnya.

Pemilahan sampah dilakukan ke dalam empat kelompok: kertas dan kardus, sampah plastik, besi dan logam, serta kaca. Sampah dipilah dan dapat dikelola bersama Bank Sampah Bersinar (BSB) sehingga dapat menghasilkan ruang kerja sama terpadu antara UKM, BSB, dan masyarakat di daerah aliran sungai Citarum melalui KKN tematik Citarum Harum demi terciptanya lingkungan yang lebih bersih dan sehat. Lingkungan Citarum yang bersih dan sehat Lingkungan yang bersih dan menunjang kesehatan akan mendatangkan kenyamanan bagi penghuninya.

Pengetahuan masyarakat tentang lingkungan yang bersih dan menunjang kesehatan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Terkait akan hal ini, dr. Diana selaku dosen pembimbing mahasiswa dari Fakultas Kedokteran menjelaskan bahwa untuk memperoleh data yang sahih tentang kebersihan dan kesehatan masyarakat diedarkan angket untuk pendataan keluarga, yang di dalamnya meliputi profil keluarga, sekaligus juga profil kesehatan keluarga, kondisi keluarga dan situasi rumah, kegiatan apa yang dilakukan oleh keluarga di rumah mereka hingga perilaku higienis dari anggota keluarga. Hal ini dipersiapkan agar mahasiswa dapat mengenal betul situasi di lapangan.

Maya Malinda, Ph.D selaku ketua KKN Tematik menyampaikan harapannya bahwa dengan kegiatan ini, dapat terjadi perubahan aspek perilaku dari masyarakat terkait dengan kesadaran untuk olah sampah yang dapat dimulai dari lingkungan keluarga, yang tentunya akan berdampak terhadap lingkungan yang bersih. Lingkungan yang bersih akan berdampak pada kesehatan yang baik.

Dr. Teresa Liliana Wargasetia, selaku ketua LPPM UKM menggarisbawahi bahwa pembekalan kali ini difokuskan pada kebersihan lingkungan yang merupakan salah satu tolok ukur kualitas hidup masyarakat. Hal itu sesuai dengan tema utama Pengabdian kepada Masyarakat di Universitas Kristen Maranatha yaitu “Care to Share for Better Life” yang berarti kepedulian untuk berbagi untuk mencapai kehidupan yang lebih baik.

Semoga KKN Tematik Citarum Harum 2019 akan berhasil membangun masyarakat di daerah aliran sungai Citarum yang berdaya cipta, mandiri, dan menghargai lingkungan demi kualitas hidup masyarakat yang lebih baik.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA