Penggunaan Gawai pada Anak Tidak Boleh Lebih dari 10 Menit

Bandung Raya

Selasa, 5 November 2019 | 16:33 WIB

191105162937-pengg.jpg

Irwina Istiqomah


KEMAJUAN teknologi tidak selalu membawa dampak positif. Dewasa ini, kasus kecanduan gawai atau gadget yang terjadi pada anak-anak sudah memasuki tahap mengkhawatirkan.

Pendiri "Mama Inspiratif", Rida Dariyati mengatakan, penggunaan gadget pada anak merupakan masalah serius yang harus dihadapi oleh ibu-ibu kekinian.

"Sebenarnya orangtua sudah tahu bahaya yang ditimbulkan oleh gadget, tetapi sayangnya kan sulit dihindari. Kalau anak lagi rewel, penanganan yang paling mudah itu dengan memberi gadget," katanya di Lotte Festival Citylink Bandung, Selasa (5/11/2019).

Maka dari itu, dibutuhkan komitmen dari ketua orangtua untuk membatasi anak bermain gadget. Ia menyebut, waktu bermain anak dengan gadget tidak boleh lebih dari 10 menit.

"Seharusnya anak di bawah dua tahun belum boleh diperkenalkan dengan gadget. Tapi, yang kita lihat justru anak balita sudah akrab dengan gadget," ucapnya.

Store GM Lotte Festival Citylink, Ivan Kurniawan menambahkan, pihaknya mencoba untuk mengajak ibu-ibu agar menjauhkan anaknya dari bahaya gadget. Pasalnya, tidak sedikit anak-anak sekarang yang telah ketergantungan dengan gadget.

"Alangkah baiknya anak tidak diajarkan terlalu dini dengan gadget supaya mereka bisa bermain dan beraktivitas seperti anak lainnya yang tanpa gadget," ujarnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA