Ini Dia Tiga Cara untuk Mengatasi Penyakit Meningitis

Ragam

Kamis, 9 April 2020 | 12:44 WIB

200409114542-ini-d.jpg

SALAH satu musisi andal Indonesia, Glenn Fredly, baru saja meninggal dunia karena penyakit meningitis. Penyakit ini merenggut nyawanya pada usianya yang ke-44 di Rumah Sakit Setia Mitra Fatmawati, Jakarta Selatan. Seberapa serius penyakit meningitis ini?

Meningitis adalah penyakit peradangan yang menyerang bagian meningen atau lapisan pelindung di bagian otak dan saraf tulang belakang. Menurut Mayo Clinic, gejala-gejala yang ditimbulkan penyakit ini serupa dengan kasus-kasus flu sehingga susah dikenali. Ada pun gejalanya meliputi demam tinggi yang mendadak, leher kaku, sakit kepala hingga mual, kejang-kejang serta sensitif terhadap cahaya.

Ada beberapa penyebab yang memunculkan penyakit meningitis dan tiap sumber memiliki cara penanganan yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa cara yang dilakukan dokter dalam menangani dan merawat penderita meningitis.

1. Menggunakan antibiotik
Glenn Fredly Meninggal karenanya, Ini 3 Cara Penanganan Meningitissolvhealth.com
Meningitis bisa disebabkan oleh infeksi bakteri. Jika penyebab utama terjadinya penyakit ini dikarenakan bakteri tersebut, maka ini cara penanganan paling utama.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan meningitis yang disebabkan bakteri ini adalah yang mematikan. Sekalipun sembuh, selalu ada kemungkinan penderitanya mengalami cacat permanen, seperti kerusakan otak dan kehilangan pendengaran.

Antibiotik pun yang digunakan berbeda-beda, tergantung tipe bakteri yang menyerang. Ada pun beberapa bakteri yang cukup sering menyebabkan meningitis adalah sebagai berikut:

Streptococcus pneumoniae
Group B Streptococcus
Neisseria meningitidis
Haemophilus influenzae
Listeria monocytogenes
Dokter mungkin akan sekaligus memberikan beberapa antibiotik berbeda yang mengalahkan bakteri-bakteri ini.

2. Beristirahat penuh
Glenn Fredly Meninggal karenanya, Ini 3 Cara Penanganan MeningitisPixabay/emrahozaras
Meningitis viral adalah meningitis paling umum. Meningitis satu ini tidak bisa disembuhkan lewat antibiotik karena penyebabnya bukan infeksi bakteri dan sering kali menyerang bayi kurang dari satu bulan. Satu-satunya cara merawat meningitis viral adalah beristirahat, menyediakan banyak cairan, serta memberikan obat pengurang demam dan badan pegal.

CDC mengatakan meningitis viral bisa datang dari efek infeksi virus. Bukan tidak mungkin dokter akan memberikan vaksin atau antivirus jika terdiagnosis penyebabnya memang virus.

3. Memberikan beberapa obat sekaligus
Glenn Fredly Meninggal karenanya, Ini 3 Cara Penanganan MeningitisIDN Times/Ita Malau
Ada saatnya dokter tidak dapat mengetahui penyebab meningitis. Untuk itu, mereka akan memberikan beberapa obat sekaligus. Mulai dari antivirus, antibiotik hingga antifungal. Bisa juga dokter memberikan corticosteroids jika penyebabnya adalah alergi atau penyakit autoimun.

Pemberian obat diharuskan menunggu hasil lab dulu mengingat besar kemungkinan obat-obatan tersebut memberikan efek samping. Tapi ada kalanya juga meningitis tidak diberikan obat sama sekali karena kondisi ini bisa sembuh sendirinya. Jika permasalahannya adalah kanker, maka diperlukan terapi.

Jika tubuh terasa tidak enak, segeralah ke dokter. Jangan biarkan kondisi tubuhmu menjadi semakin parah karena apabila telat nyawamu bisa terancam. (IND times)

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR