Kemendagri Intruksikan Tunda Perekaman E-KTP saat Pandemi Covid-19

Nasional

Kamis, 9 April 2020 | 12:17 WIB

200409113923-kemen.jpg

KEMENTERIA Dalam Negeri menginstruksikan kepada seluruh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk menunda perekaman E-KTP saat pandemi virus corona. Instruksi ini sejalan dengan surat edaran Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kemendagri nomor 443.1/2978/Dukcapil tanggal 16 Maret 2020 lalu.

"Esensinya masih sama (dengan surat edaran 16 Maret). Kita berlakukan sampai pandemi Corona berakhir," kata Direktur Jenderal Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh yang dikutip dari merdeka.com, Kamis (9/4/2020).

Zudan mengatakan penundaan itu dilakukan karena perekaman e-KTP terjadi kontak fisik secara langsung. Sehingga dikhawatirkan terjadi penularan virus corona.

Meski begitu, kata Zudan, perekaman e-KTP akan tetap dilayani jika ada kebutuhan yang mendesak. Semisal untuk keperluan sekolah, mengurus BPJS atau rumah sakit.

"Khusus layanan perekaman KTP-el, karena ada kontak fisik secara langsung, agar ditunda pelaksanaannya, kecuali untuk hal yang sangat urgen," tulis salah satu poin dalam surat.

Dia menambahkan, dalam perekaman e-KTP untuk kebutuhan mendesak, petugas dan pemohon harus menjalankan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus corona.

"Apabila dilaksanakan perekaman, maka perlu ditangani secara khusus. Di antaranya pengecekan suhu tubuh bagi petugas dan pemohon, alat yang digunakan harus didesinfektan, petugas menggunakan sarung tangan dan masker, tangan pemohon harus dicuci dengan sabun/menggunakan hand sanitizer," demikian yang tertulis dalam surat tersebut.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR