Ini Dia Penjelasan Seputar Meningitis, Penyakit yang Diidap Grenn Fredly

Ragam

Rabu, 8 April 2020 | 21:33 WIB

200408213512-ini-d.jpg

Definisi dan Gambaran Umum

PENYANYI Glenn Fredly dikabarkan meninggal dunia akibat meningitis, Rabu (8/4/2020). Selama ini, Glenn tidak pernah menunjukkan tanda-tanda penyakitnya ke publik.

Lalu apa sebenarnya meningitis itu?

Menurut situs docdoc.com, meningitis adalah kondisi serius yang menyebabkan lapisan di sekitar otak dan sumsum tulang belakang mengalami peradangan.

Anak-anak, remaja, dan usia muda memiliki resiko yang paling besar, meskipun kondisi ini juga dapat menimpa orang dewasa, terutama mereka dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Meningitis dikenal juga dengan radang selaput otak.

Penyebab
Penyebab utama dari meningitis adalah infeksi, baik itu yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Karena radang ini disebabkan oleh virus dan bakteri, kondisi ini sangat menular dan dapat berpindah dengan mudah melalui hubungan langsung, bersin, dan batuk.

Meningitis karena virus merupakan jenis Meningitis yang paling umum terjadi dan tidak begitu serius. Komplikasi seperti demam tinggi dan kejang-kejang hanya terjadi pada sebagian kecil kasus dan cukup jarang.

Meningitis karena bakteri, di sisi lain, lebih jarang terjadi namun lebih serius. Jika tidak segera ditangani, radang jenis ini dapat menyebabkan kerusakan otak bahkan kematian. Jadi, penting untuk mengetahui gejala dari Meningitis sehingga pengobatan dapat segera dilakukan.

Gejala Utama
Gejala Meningitis yang paling umum terjadi meliputi, leher kaku, nyeri pada leher yang menjadi lebih buruk ketika sampai pada bagian dagu hingga dada, demam, muntah-muntah, sakit kepala, dan kejang-kejang

Jika anda atau anggota keluarga menunjukkan gejala tersebut, sebaiknya segera mendapatkan perawatan dokter. Dokter umum dapat mengenali Meningitis dan menentukan apakah jenisnya disebabkan oleh virus atau bakteri.

Diagnosa dilakukan dengan memeriksa kondisi kesehatan pasien, melakukan cek fisik, menganalisis riwayat kesehatan, dan melakukan beberapa tindakan, seperti lumbal pungsi (lumbar puncture), yang juga dikenal dengan sebutan spinal tap.

Hal ini merupakan pemeriksaan yang paling penting untuk dilakukan jika pasien diduga menderita Meningitis karena tindakan ini meliputi pengambilan contoh cairan dari sumsum tulang belakang sehingga dapat diketahui apakah radang tersebut disebabkan oleh virus atau bakteri. Tes lainnya, seperti pemindaian CT, MRI, dan tes darah, dilakukan untuk mendukung diagnosis.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR