Jamin Stok Pangan di tengan Wabah Corona, Honduras Tanami Lahan Kosong Padia padian

Dunia

Rabu, 8 April 2020 | 13:43 WIB

200408134231-jamin.jpg

HONDURAS akan mendorong penanaman tumbuhan padi-padian, sayuran, dan buah-buahan di lahan kosong sebagai upaya di bidang pertanian untuk menjamin pasokan makanan di tengah pandemi COVID-19, kata Presiden Juan Orlando Hernandez pada Selasa (7/4/2020).

"Rencana keamanan pangan ini akan menjamin keberadaan makanan di meja makan bagi setiap warga Honduras, sehingga ketika krisis ini usai, kita tidak mengalami wabah kelaparan," ujar Hernandez dalam pidatonya.

Hernandez tidak merinci lebih jauh rencananya tersebut dan peraturan resmi juga belum diterbitkan. Namun, dia menyebut arahan akan dikeluarkan oleh Kementerian Pertanian serta Institusi Pertanian dan Lahan Nasional untuk mengidentifikasi lahan yang sesuai dengan peruntukan tanaman.

Kemudian, perintah langsung diberikan kepada pemilik lahan untuk menanam tumbuhan pangan demi menjaga pasokan pasar nasional. Mereka juga akan diberikan biaya kompensasi yang adil, kata presiden menambahkan.

Sejak tiga pekan yang lalu, pemerintah Honduras menerapkan peraturan jam malam untuk menekan laju penyebaran infeksi virus corona, yang hingga saat ini telah menjangkiti 312 orang di negara Amerika Tengah itu.

Editor: Rosyad Abdullah

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR