Efek Covid-19, Tak Mungkin Bermasker Bayi Baru Lahir di Thailand Kini Gunakan Helm Pelindung Plastik

Dunia

Selasa, 7 April 2020 | 13:30 WIB

200407133000-cegah.jpg

dailymail

Lahir di tengah pandemi Covid-19, bayi yang baru lahir pun kini langsung mendapat perlindungan sekaligus pencegahan maksimal. Di rumah sakit BNH Bangkok, Thailand misalnya.

Kebijakan baru yang diterapkan termasuk memasang alat pelindung wajah. Meski tidak berukuran proporsional, pelindung transparan yang mencapai bagian dada bayi itu tetap digunakan.

Dikutip dari DailyMail beberapa waktu lalu, pelindung wajah yang mengganti masker bagi bayi mulai digunakan seiring jam malam yang juga diberlakukan pukul 22.00-04.00. Larangan juga berlaku untuk even yang melibatkan massa.

Sesuai arahan Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha, pengecualian hanya untuk pekerja medis dan mereka yang terlibat dalam suplai kebutuhan kesehatan.

"Kesehatan lebih penting daripada kebebasan untuk saat ini. Tidak mudah tapi kita harus beradaptasi demi keselamatan. Dengan menjalankan kewajiban sosial kita akan melalui krisis ini," ungkapnya. 

Dalam pidato resmi yang disiarkan secara nasional Prayuth juga mengumumkan warga Thailand yang berada di luar negeri baru bisa kembali per 15 April. Sejak awal Maret Thailand mencatat 2.000 kasus paparan Covid-19 warganya yang berada di luar negeri.

Karantina pun dilakukan secara massif hingga pembatasan lalu lintas perbatasan dan bandara. Hanya diplomat dan ekspatriat beserta keluarga mereka yang memiliki izin yang bisa melintasi perbatasan. Data WHO Thailand mengonfirmasi 1.771 kasus Covid-19 dengan 12 kematian.

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR