Sebanyak 33 Ribu Warga Miskin Kota Bandung Bakal Terima Bantuan dari Pemprov Jabar

Bandung Raya

Senin, 6 April 2020 | 11:21 WIB

200406112313-seban.jpg

humas kota bandung

PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat akan membagikan bantuan sebesar Rp500 ribu perbulan bagi keluarga yang terdampak pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Sosial penanggulangan kemiskinan (Dinsosnangkis) Kota Bandung, Tono Rusdiantono menyebutkan, semua data warga miskin dan tidak mampu yang akan mendapatkan bantuan dari pemerintah provinsi ini adalah keluarga yang terdata di data terpadu kesejahteraan sosial.

"Itu data yang tercantum dalam DTKS atau data terpadu kesejahteraan sosial jadi itu isinya warga miskin dan tidak mampu yang terdampak Covid-19," ucap Tono yang dikutip saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Senin (6/4/2020).

Dijelaskan Tono, DTKS ini selalu divalidasi oleh pihaknya. Untuk kota Bandung sebenarnya data yang sudah terverifikasi di DTKS sejumlah 137.000 KK. Namun demikian, kota Bandung hanya mendapat kuota 43.165 KK dari Pemprov Jabar tersebut.

"Jadi 43.165 KK itu kuota kota Bandung yang diminta Pemerintah Provinsi," ujarnya.

Dari 43.165 KK, Tono sebut, sebagian keluarga sudah mendapatkan bantuan dari Program Keluarga Harapan (PKH) yang rutin diberikan oleh Kemensos, serta ada juga yang mendapatkan Bantuan Sosial (Bansos) Pangan dari Kementerian Sosial. Adapun jumlah warga yang sudah mendapatkan bantuan PKH dan bantuan sembako tersebut berjumlah 10 ribu KK, sehingga tersisa hanya 33.165 KK yang akan mendapatkan bantuan tersebut.

"Nah jadi kan kuota kota Bandung ini kan tinggal 33 ribu. Nah ini kita pun akan bertanya ke provinsi apakah kekurangan kuota itu yang 10 ribu itu akan diberikan lagi ke kota Bandung lagi atau tidak," ujarnya.

Tono memastikan setiap warga miskin dan tidak mampu yang tidak terdaftar di PKH maupun Bansos akan mendapatkan bantuan dari Pemkot Bandung dan Pemprov Jabar.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR