Hasil Rapid Test, 14 Warga Sumedang Positif Covid 19

Daerah

Minggu, 5 April 2020 | 18:12 WIB

200405180434-hasil.jpg

HASIL rapid test, sebanyak 14 warga Kabupaten Sumedang dinyatakan positif covid 19 dan kini masuk dalam status ODP (orang dalam pemantauan). Mereka telah diintruksikan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

“Untuk selanjutnya, terhadap mereka akan dilakukan  test SWAB menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR), untuk memastikan positif atau tidaknya terpapar covid 19,” demikian disampaikan Bupati Sumedang Dr.H.Dony Ahmad Munir dalam siaran persnya, Ahad (5/4/2020).

Berdasarkan data yang ada, warga Sumedang yang positif covid 19 ada satu orang. Situasi itu disasarkan atas hasil tes SWAB atau PCR. 

Sedangkan untuk PDP (pasin dalam pengawasan) ada 17 orang, ODP (orang dalam pemantauan) ada 411 orang,  orang dalam risiko (ODR) ada 16.996 orang, orang tanpa gejala (OTG) ada 65 orang. “Untuk status PDP, merupakan warga yang memiliki riwayat perjalanan dari wilayah terkonfirmasi  covid-19 dan memiliki gejala demam, ISPA serta pneumonia,” katanya.

Sementara  untuk ODP adalah warga atau orang  yang memiliki riwayat perjalanan dari wilayah yang terkonfirmasi terjangkit covid-19 dan memiliki gejala demam atau ISPA tanpa pneumonia.

Adapun ODR adalah warga yang memiliki riwayat perjalanan dari wilayah yang terkonfirmasi terjangkit covid-19, tetapi tidak memiliki gejala apapun.

“Untuk OTG yaitu orang yang tidak memiliki gejala, tetapi pernah kontak erat dengan orang yang positif covid-19,” jelas Dony.

Menurut Dony, jumlah ODR yang sebelumnya beristilah ODP berisiko, mengalami penurunan. ODR tersebut sebelumnya terus bergerak naik, karena adanya konsolidasi data para pemudik yang cukup masif, yang dikoordinasikan oleh aparatur wilayah (Camat dan KepalaDesa/Lurah).

Saat ini warga  pemudik dimaksud diminta untuk melakukan isolasi secara mandiri di rumahnya masing-masing untuk jangka waktu 14 hari ke depan.

 Apabila ada gejala seperti demam, batuk, sakit tenggorokan dan sesak napas, diminta segera menghubungi 119 atau kontak Puskesmas terdekat.

 “Untuk rapid test sendiri, yang telah dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang sampai dengan hari ini, sudah mencapai 800 orang. Hasilnya rapid test itu, 14 warga diantaranya dinyatakan positif covid 19. Dan untuk memastikannya, terhadap mereka akan dilakukan test SWAB,” tandasnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR