Bank Sampah Cimahi Tetap Layani Nasabah Walau dengan Keterbatasan

Bandung Raya

Minggu, 5 April 2020 | 17:38 WIB

200405173936-bank-.jpg

Laksmi Sri Sundari

Di tengah mewabahnya Covid-19, Bank Sampah Induk Cimahi (Samici) tetap melayani nasabahnya. Meski begitu pelayanan pengambilan sampah yang sudah dipilah ini dibatasi. Wilayah yang terdapat kasus Covid-19, tidak dilakukan penarikan untuk sementara.

Hal itu dikatakan Kepala Seksi (Kasi) Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi, Deden Wahrida saat dihubungi, Ahad (5/4/2020).

"Bank Samici tetap buka pelayanan, hanya terbatas tidak seperti biasanya. Penarikannya terbatas, tidak semua ditarik apalagi wilayah yang ada kasus Covid-19, dan rumah sakit juga tidak dilayani dulu," terangnya.

Menurut Deden, pelayanan disaat pandemi Covid-19 ini lebih banyak door to door atau langsung melakukan penarikan sampah ke nasabah.

"Warga juga banyak yang mau dijemput. Ada juga yang langsung datang ke Bank Samici nabung sampahnya, hanya berkurang jumlahnya," ujar Deden.

Saat melakukan penarikan sampah, petugas Bank Samici diminta untuk berhati-hati, serta menggunakan alat pelindung diri (APD) yang telah diberikan seperti masker, sarung tangan, dan lain-lain pada saat menjakankan tugasnya dan juga beraktivitas.

"Untuk bagian gudang dan penarikan ada 4 orang, bagian admin-nya 3 orang. Semua sudah dibekali APD," ujar Deden.

Selain menghindari sementara lokasi-lokasi yang telah terjadi kasus covid-19, petugas juga disarankan selalu membersihkan diri setelah kontak atau bepergian keluar, selalu mencuci tangan, dan segera mandi setelah tiba dirumah.

Disarankan pula untuk menjaga kebersihan di lokasi tempat kerja masing-masing, dengan cuci tangan pakai sabun setelah beraktifitas. Mengkonsumsi air yang cukup, makan makanan yang bervitamin, dan berolah raga supaya kondisi tubuh tetap fit.

"Apabila merasakan gejala flu, seperti batuk atau pilek, sebaiknya beristirahat dirumah. Segera melapor apabila di lokasi tempat tinggal ada suspect covid-19. Serta perbanyak berdoa sebelum melakukan aktivitas keluar rumah," terangnya.

Terkait dengan pembatasan aktivitas di Bank Samici, pihaknya juga menganjurkan petugas saat melakukan pengambilan sampah agar memberitahu nasabah.

"Waktu penarikan juga dianjurkan untuk memberitahukan kepada nasabah, kalau penarikan dibatasi dahulu. Dan kalau memang memungkinkan bisa langsung membawa sampahnya ke Bank Samici untuk ditabung," terangnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR