Puncak Penyebaran Covid-19 Diprediksi Bulan Juni, Purnawirawan TNI Akan Galang Bantuan

Bandung Raya

Sabtu, 4 April 2020 | 11:32 WIB

200404110826-punca.jpg

dok

ilustrasi

BADAN Intelijen Negara ( BIN ) memprediksi puncak penyebaran pendemi virus corona aytau Covid-19 akan terjadi pada bulan Juni 2020. Hal itu dinilai dapat menimbulkan kekhawatiran berbagai pihak, tak terkecuali dari para purnawirawan TNI.

Mantan Koorsahli Panglima TNI, Mayjen TNI (Purn) Wardiyono mengatakan, diperlukan persatuan bangsa yang menyeluruh untuk memerangi pendemi Covid-19. Termasuk dukungan dari purnawirawan TNI, dengan menggalang dana dan bantuan.

"Ini merupakan tanggung jawab kita bersama, bukan hanya pemerintah. Maka sekarang bukan waktunya lagi kita harus memperdebatkan hal - hal yang tidak mendasar," ungkapnya di Kota Bandung, Sabtu (4/4/2020).

Menurutnya, dalam memerangi pendemi Covid-19 ini diperlukan aksi nyata. Sehingga dapat membantu meringankan beban, terutama bagi masyarakat yang terdampak bencana.

"Bagi saudara - saudara kita yang mampu, saya mohon, bantu saudara - saudara kita yang kurang beruntung agar mereka tetap bisa bertahan dirumah tanpa merasa khawatir atas kehidupan keluarganya. Hanya dengan ini kita akan mampu melawan pendemi ini," tuturnya.

Dikatakan Wardiyono, pihaknya akan berupaya menginisiasi bantuan di masyarakat, dengan melibatkan purnawirawan TNI.
"Kami melihat tidak ada waktu lagi. Maka sekarang waktunya kita membantu sesama ditengah wabah ini," tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengungkapkan data prakiraan puncak penyebaran Covid-19 di Indonesia. Doni mengutip data kajian Badan Intelijen Negara (BIN) dalam rapat kerja virtual dengan Komisi IX DPR. Dalam kajian tersebut, diperkirakan
puncak penyebaran virus Corona pada akhir Juni atau akhir Juli 2020.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR