Pilkada 2020 belum Jelas Terkait Wabah Covid-19, KPU Indramayu Siap Kembalikan Anggaran

Daerah

Jumat, 3 April 2020 | 17:09 WIB

200403171000-pilka.jpg

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, menyatakan siap mengembalikan anggaran untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 dan saat ini masih menunggu keputusan dari KPU Pusat.

"Pasti dikembalikan (anggaran yang telah diterima) tapi kita masih menunggu SK KPU RI," kata Ketua KPU Kabupaten Indramayu Ahmad Toni Fathoni di Indramayu, Jumat (3/4/2020).

Toni mengatakan kemungkinan besar Pilkada Kabupaten Indramayu akan ditunda, namun pihaknya masih menunggu kepastian dari KPU RI terkait itu semua.

Dia menyampaikan pada saat konsultasi dengan biro keuangan KPU, dianjurkan untuk KPU yang menggelar Pilkada agar melakukan Surat Perintah Pengesahan Hibah Langsung (SP2HL) atas anggaran yang sudah direalisasikan.

"Selain itu juga ada pengembalian dana hibah kepada Pemda, namun masih harus menunggu regulasi terkait penundaan pemilihan serentak dengan melalukan SP4HL," ujarnya.

Toni menuturkan sejak wabah virus corona atau COVID-19 ditetapkan menjadi bencana nonalam, KPU Indramayu telah membatalkan beberapa tahapan Pilkada 2020.

Hal ini sesuai dengan anjuran yang telah ditetapkan oleh KPU RI. Untuk penundaan Pilkada kata Toni, pihaknya masih menunggu keputusan dan akan langsung mengerjakannya.

"Pada bulan kemarin ada beberapa tahapan Pilkada yang seharusnya ada kami tunda terlebih dahulu," katanya.

Editor: Rosyad Abdullah

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR