Juventus Tak Ingin Kolaps, Krisis Global Covid-19 Berlanjut Karier Serie A Ronaldo Terancam Tamat

Soccer

Jumat, 3 April 2020 | 10:10 WIB

200403100955--bisa.jpg

dailymail

Krisis keuangan yang melanda klub-klub papan atas Eropa menyusul pandemi Covid-19 sepertinya ikut mengancam karier bintang lapangan hijau. Ini menyusul kemungkinan Juventus "menjual murah" Cristiano Ronaldo.

Dikutip dari DailyMail beberapa waktu lalu, laporan Ill Messagero menyebut, Juve yang saat ini tak luput dari krisis finansial setelah terhentinya kompetisi diperkirakan takkan mampu membayar gaji para pemain top-nya bahkan saat musim kembali bergulir.

Saat ini Ronaldo dan kolega berbanderol tinggi lainnya di Juve termasuk pelatih Maurizio Sarri tak keberatan bertahan dengan pemotongan gaji hingga empat bulan. Pengurangan fee yang berlaku mulai Maret - Juni ini membuat Juve menghemat £80 juta (Rp 1,6 triliun).

Namun selangit Ronaldo yang hampir setara Lionel Messi £500 ribu (Rp 9,9 miliar) per minggu plus nilai kontrak £27 juta (Rp 551 miliar) per tahun akan menjadi persoalan baru Juve saat kondisi kembali normal. Saat ini saja klub sudah kesulitan akibat kehilangan penghasilan dari fee tayangan laga.

Salah satu jalan pintas di antaranya melepas pemain bintang dan Ronaldo ada di daftar teratas. Mulai merumput di Serie A musim 2018, Ronaldo hijrah dari La Liga dengan transfer £100 juta (Rp 2 triliun). Tapi kini di usia 35 tahun meski tetap diandalkan CIES Football Observatory memperkirakan nilai transfer para pemain mahal menyusut 28 persen atau sekitar £65 juta (Rp 1,3 triliun)

Selain Ronaldo, pemain berbanderol mahal Juve lainnya yaitu Aaron Ramsey (£400 ribu/Rp 8,1 miliar), Matthisj de Ligt (£265 ribu/Rp 5,4 miliar), Douglas Costa (£132 ribu/Rp 2,6 miliar), Gonzalo Higuain (£128 ribu/Rp 2,6 miliar) dan Adrien Rabiot (£116 ribu/Rp 2,3 miliar).

Jika dilepas Ronaldo kemungkinan akan kembali ke Liga Inggris dengan Manchester United sebagai kandidat terkuat klub baru. Ada juga klub superkaya Prancis Paris Saint Germain yang masuk bursa.

Is it really...?

Time will tell, THAT I can tell.

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR